Lapas Perempuan di Ternate Upaya Preventif Perlakukaun Khusus bagi Warga Binaan Perempuan

Editor: BrindoNews.com author photo

M. Adnan.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkumhan Kantor Wilayah Maluku Utara rencananya meresmikan lembaga pemasyarakatan perempuan pada Agustus tahun ini. Dilakukannya agenda ini menyusul bagunan yang diberlokasi di Kelurahan Kastela, Ternate Pulau itu sudah selesai dikerjakan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Maluku Utara M. Adnan mengatakan, gedung baru yang bakal resmikan itu merupakan satu-satunya  lembaga pemasyarakatan atau lapas perempuan di Maluku Utara. Di tempat ini, nantinya ditempati warga binaan khusus kaum hawa.

Adnan menuturkan keberadaan lapas perempuan tersebut bertujuan memisahkan antara warga binaan perempuan dan anak. Upaya preventif ini agar nantinya ada perlakuan khusus bagi perempuan ketika ditempati, termasuk optimalisasi program atau kegiataan binaan bagi tahanan perempuan.

Pembangunan sudah selelsai tinggal bulan ini kalau tidak ada halangan usai 17 Agusutus 20201 sudah ditempati. Narapidana perempuan sudah kita alihkan ke sana (lapas perempuan), sehingga nanti mendapat perlakukaun khusus bagi mereka di sana,” kata Adnan saat bersilahturahim bersama insan pers di Red Corner Cafe, Jalan Arnold Mononutu Nomor 83A, Kelurahan Tanah Raja, Ternate Tengah, Kota Ternate, Selasa sore 10 Agustus. (eko/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini