Pemerintah Halmahera Timur Gelar Bimtek Penyusuan Masterplan Smart City

Editor: BrindoNews.com author photo

Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub.

Dinas Komunikasi dan Informatika Halmahera Timur menggelar bimbingan teknis penyusunan masterplan smart city. Kegiatan tahap I dalam rangka mematangkan rencana induk kota cerdas itu dipusatkan di aula kantor bupati setempat, Kamis, 01 Juli.

Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub yang membuka bimbingan teknis tersebut mengatakan, penguatan bimbingan teknis kepada perwakilan SKPD ini nantinya digodok langsung oleh tim pendamping penyusunan masterplan smart city dari konsultan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Tim konsultan ini masing-masing Heri Sutrisno, Dipling Sri Dharwiyanti, Amirul Huda dan Irni Yunita.

“Bimbingan (bimtek) teknis penyusunan masterplan smart city merupakan tindaklanjut dari penandatanganan nota kesepahaman atau momarindum of understanding antara Dirjen Aptika Kementerian Kominfo RI dengan Pemerintah Halahera Timur pada 20 Mei 2021 lalu,” katanya.

Ubaid berharap peserta yang mengikuti bimtek smart city ini agar mampuh menyerap pengetahuan mengenai pengelolaan smart city. “Masukan dan kontribusi pemikiran sangat diperlukan untuk menyusun masterplan kota cerdas,” ujarnya.

Ketua Tim Konsultan Kominfo RI Heri Sutrisno menyebutkan, penggodokan bimtek penyusunan masterplan smart city bakal dilakukan empat kali dalam waktu tiga bulan.

Selama penggodokan, lanjut Heri, tim memprioritaskan kelemahan maupun peluang daerah yang selanjutnya dianalisa sebagai bahan persiapan penyusunan masterplan.

“Data-data kami sudah kumpulan baik kelemahan maupun kelebihan potensi di Halmahera Timur. Data-data ini selanjutnya kami analisa. Soal bimtek pertama hari ini, hasilnya disusun sebagai buku panduan pengelolaan program smart city,” ujarnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini