Dapat Kucuran Dana 16 Miliar, Bidang SDA PUPR Malut Bangun Dua Irigas

Editor: BrindoNews.com author photo
Kepala Bidang SDA PUPR Malut, Saiful Amin

SOFIFI,BRN - Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara pada tahun 2021 ini mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) sebesar 16 miliar yang diperuntukan untuk pembangunan dua irigasi.

Pekerjaan dua irigasi ini telah jalan dan progresnya sudah capai 50 sampai 60 persen. Kedua irigasi ini yakni Irigasi Wayamli yang terletak di Desa Wayamli, Kecamatan Maba Tengah, Kabupaten Halmahera Timur dan Irigasi Lalubi yang terletak di trans Lalubi SP 3, Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan.

Kepala Bidang SDA, Saiful Amin menjelaskan, anggaran DAK ini dilihat dari usulan Dinas PUPR untuk pembangunan irigasi. Selanjutnya akan dikaji dari aspek teknisnya.

"Usulan pembangunan irigasi ini sangat berbeda dengan bangun jalan. Karena harus diverifikasi tim dari pusat, dikaji kelayakannya, barulah diputuskan kita dikasih berapa anggaran DAK," ujar Saiful kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (12/7).

Saat ini, kata Saiful pekerjaan terus berjalan. Pihaknya menargetkan pekerjaan pembangunan irigasi ini selesai tepat waktu. Selain tepat waktu, kualitas pekerjaan tersebut tentu terjamin.

Ia bilang, pembangunan irigasi ini tidak ada kendala di lapangan, hanya saja sering terjadi salah pemahaman dan keinginan dari masyarakat. Keinginan dari masyarakat ini tentu tidak sesuai dengan anggaran yang diberikan oleh pusat.

"Tapi intinya kita tidak mau ambil risiko. Biar masyarakat menilai kita kerja tidak becus, tapi kualitas pekerjaan terjamin dan sesuai dengan anggarannya," tukasnya. (red/adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini