Bupati Halmahera Timur Perintahkan Sekda Awasi BUMD

Editor: BrindoNews.com author photo
Bupati Halmahera Timur, Ubaid Yakub

HALTIM,BRN - Sekertaris Daerah Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara, Ricky CH Ricfat ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD Cipta Mandiri.

Penunjukan langsung tersebut berdasarkan surat keputusan Bupati, Hi Ubaid Yakub dengan nomor: 188.45/539/61/2021 tentang Pengangkatan Ketua Dewan Pengawas BUMD PD. Cipta Mandiri Kabupaten Halmahera Timur periode 2019-2023. 

Bupati Halmahera Timur, Hi Ubaid Yakub kepada Brindonews.com Selasa, (6/7/21) mengatakan, Ricky CH Ricfat ditunjuk untuk mengawasi aktivitas BUMD Cipta Mandiri. Sementara pengangkatan atau penunjukan lanjut Ubaid, sudah sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri atau Permendagri RI nomor 37 tahun 2018 yang meliputi tahapan seleksi administrasi, UKK dan wawancara akhir oleh KPM. 

"Yang kami lakukan pengangkatan Dewan Pengawas saat ini adalah untuk mengisi kekosongan yang ditinggal oleh Sekertaris Daerah Sebelumnya. Dewan Pengawas BUMD yang lalu juga dijabat oleh Sekda, ketika Sekda sebelumnya sudah mengundurkan diri tidak mungkin kita biarkan kekosongan di Dewan pengawas BUMD terjadi lagi,"katanya.

Lanjut Bupati, sesuai dengan SK pengangkatan,  Ketua Dewan Pengawas sudah bisa Actions untuk mengawasi aktivitas BUMD. 

Sementra Sekertaris Daerah Kabupaten Halmahera Timur, Ricky CH Ricfat menambahkan, inti dari dewan pengawas adalah mengontrol roda aktivitas BUMD. Selain itu, lini sektor produksi BUMD akan diperluas agar menguntungkan keuangan Daerah, maksimal mampuh mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Dengan adanya pembentukan BUMD ini adalah untuk menopang sektor pertanian, perkebunan dan perikanan serta pertambangan. Semua sektor ini akan kami kontrol, apabilah BUMD berjalan baik tentunya akan menguntungkan ke PAD Halmahera Timur," ujar Ricky. 

Ricky bilang, Halmahera Timur sangatlah berpeluang besar. Tentunya juga Pemerintah daerah punya harapan besar untuk meningkatkan PAD. Apalagi di tahun depan PADM sudah masuk maka langkah-langkah konstruktif BUMD harus dijalankan dan sub-sub sektor BUMD harus dibenahi. 

"Tinggal saja, kami perlu kehati-hatian menempatkan orang yang akan menjadi direksi perusahaan daerah, baik PDAM ataupun Perdana Cipta Mandiri. Memang BUMD Halmahera Timur cukup sehat, tinggal saja harus Pemerintah Daerah membenahi beberapa hal didalam," tandasnya

Selaku Ketua Dewan Pengawas, lanjut Ricky, kami punya tanggungjawab untuk mengawasi, termasuk mengevaluasi kembali. (mal/red).

Share:
Komentar

Berita Terkini