Waktu Dekat Pemerintah Maluku Utara Turunkan Tim Investigasi di Sula

Editor: BrindoNews.com author photo

Samsudin A. Kadir.

SOFIFI, BRN - Pemerintah Provinsi Maluku Utara bakal menurunkan tim untuk menginvestigasi keputusan pemecatan 57 pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula. Investigasi yang sama juga dilakukan pada pemecatan posisi sekretaris daerah.

Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara Samsuddin A. Kadir menuturkan, pembentuk tersebut sesuai instruksi Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri. Tim terdiri dari Badan Kepegawaian Daerah, Inspektorat dan Biro Pemerintahan Setda Maluku Utara ini selanjutnya memerikan keabsahan atau dasar mutasi oleh Buapti Fifian Adeningsi Mus.

“Ini perintah dari pusat yang sifatnya segera laksanakan. Kementerian dalam negeri menekankan kapada pemerintah provinsi, sehingga dalam waktu dekat tim segera turun. Diharapkan ada respon balik dari Pemerintah Kepulauan Sula,” katanya, Senin 14 Juni.

Sebelumnya  Pemerintah Provinsi Maluku Utara mengeluarkan surat keputusan  ditandatangani Sekretaris Maluku Utara. Keputusan nomor :800/85/VI/2021yang ditunjukan Bupati Kepulauan Sula, Fifian Adiningsi Mus itu Gubernur Abdul Gani Kasuba memerintahkan agar membatalkan dan seluruh pejabat yang dimutasi diminta dikembalikan pada posisi semula.

“Penekanannya Bupati Fifian Adiningsi Mus segera menganulir atau membatalkan pengangkatan dan pemberhentian (57 pejabat). Pembatalan ini diperkuat dengan Pasal 91 Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, kemudian dipertegas dengan Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2018,” ucapnya. (red/brn)

Share:
Komentar

Berita Terkini