Resmi Buka STQ, Gubernur Berharap Dapat Mengimplementasikan Kandungan Isi Al - Qur'an

Editor: brindonews.com

 


Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba, Saat Membacakan Sumpah Para Dewan Hakim


TERNATE,BRN
- Ternate,  Gubernur Maluku Utara KH Abdul Gani Kasuba secara membuka acara Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Provinsi Maluku Utara ke XXVI di Kota Ternate dengan tema " Melalui STQ Tingkat Provinsi Malut tahun 2021 kita Sukseskan  Penyelenggaraan dan Meraih Prestasi STQ Nasional ke-XXVI di Sofifi".

Pembukaan STQ tigkat provinsi ditandai dengan menekan tombol serine  Gubernur AGK dan pemukulan tiva oleh  bupati dan walikota ini saksikan oleh Pimpinan farkompinda Malut, Sekprov Malut, Wakil Walikota Ternate, Walikota Tikep, Kakanwil Kemeneg Malut, pimpinan SKPD dilingkuan Pempov Malut yang berlangsung di Asrama Haji Kota Ternate, Kamis (3/6/2021 )malam.

Gubernur Malut  dalam ambutannya menyampaikan  dengan kegiatan STQ di Kota Majang ini, orang nomor satu di Pemprov Malut  mngajak pada kita semau untuk merefleksi , berzikir, bertafkur membangun ahlak dan peradaban islam yang rahmatan lil-alamin.”kita jangan hanya terjebab pada serimonial kegiatan ini, akan tetapi harus bermusabaqah menunjukan kualitas yang baik,bukan hanyadalam arena STQ akan tetapi berlomba dalam kehidupan sehari-hari,”harapnya.

Guberur Malut dua periode itu juga berharap  dengan STQ ini mampu menumbuhkan nuansa islami yang konduksif untuk pendidikan dan menanamkan nilai-nila islam pada generasi muda serta sarana mengukir bakat dan prestasi.” STQ bukan hanya bertujuan meraih juara, suara bagus, hafalan Al-quran saja namun harus mengimplementasikan kandungan isi al-quran dalam kehidupan sehari-hari,”bebernya.

Gubernur menambahkan,  Oktober 2021 medatang ini juga aka ada pelaksanaan STQ tingkat Nasional dan  Maluku Utara sebagai tuan rumah sehingga sejumlah infrastruktur sementara dibangun di Sofifi sebagai ibu Kota Provinsi Malut.

” Saya sangkat optimis Malut mampu melaksanakan STQ Nasional di Sofifi dan memberikan yang terbaik,”optimisnya.

Orang nomor satu di Pemprov Malut  mengaharapkan STQ tingkat provinsi ini dapat menghasilkan kafilah-kafilah terbaik dari 10 kabupaten/kota di Malut untuk mewakili kafilah pada STQ tingkat Nasional, untuk itu diharapnya pada Dewan Hakim agar bekerja secara professional.

”Kalau kita lihat dari pengalaman Sumatra Barat tuan rumah MTQ tingat Nasional tahun lalu, dua tahun menyiapkan para kafilah, untuk itu saya berharap LPTQ Malut juga harus menyiapkan SDM kita menuju STQ Nasional, harapan saya kita bisa juara,”kata Gubernur.

Sementara Wakil Ketua Pantia STQ Tingkat Provinsi Malut  Fadly Muhammad mengatakan STQ  tingkat Provinsi Malut ini diikuti sebanyak 117 peserta yang terdiri dari 60 orang putra dan 55 putri serta para official pendamping.”peserta STQ tingkat provinsi ini berasal dari kafilah 10 kabupaten/kota di Malut akan berlomba selama 4 hari,”bebernya.

Fadly yang juga Kepala Bagian (Kabag) agama Biro Kesra Setda Malut mengaku bahwa pelaksaan STQ tingkat Provisnis Malut dipusatkan di Asrama Haji Kota Ternate menerapkan protocol kesehatan, pasalnya pandemic covid-19 masih berlangsung.”pandemi covid-19 masih berlangsung, maka protocol kesehatan kami terapkan dimana semua yang masuk ke arena STQ akan dites antigen,”singkatnya.

Sekedar diketahui, sebelum acara pembukaan  STQ tingkat Provinsi Malut, Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba melantik Dewan Hakim dan Pengawas STQ Tingkat Provinsi Malut ke XXVI berlangsung di Asrama Haji Kota Ternate disaksikan langsung oleh Pimpinan Forkompinda Malut, Sekprov Malut Samsuddin A Kadir, Kepala Kemenag Malut Sarbin Sehe, walikota Tikep, Wakil wali  Kota Ternate dan pimpinan SKPD dilingkungan Provinsi Malut dan Pimpinan SKPD kota Ternate.(red/brn)

Share:
Komentar

Berita Terkini