Refocusing Anggaran Bikin Pusing Program Dinas PUPR Ternate

Editor: BrindoNews.com author photo

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate Risval Tri Budiyanto.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau PUPR Kota Ternate belum memastikan perencanaan program tahun ini. Dukungan anggaran yang berasal dari dana alokasi umum atau DAU yang direalokasi untuk pemulihan ekonomi dan pendanaan vaksinasi penanganan virus corona disease adalah penyebabnya.

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate Risval Tri Budiyanto mengaku kebijkan refocusing membikin pusing perencanaan program. Kepastian anggaran menjadi penentu perlu tidaknya merencakan atau membuat program kerja.

“Kami belum bisa merencakan karena sementara daerah masih mengalami refocusing. Program kerja pasti membutuhkan anggaran yang memadai, apalagi membuat drainase, jembatan, dan jalan,” kata Risval, Kamis 3 Juni.

Risval mengatakan, ketidakpastian anggaran membuat pihaknya harus berhati-hati menyusun setiap perencanaan. Takutnya, tahapan program yang sudah dilaksanakan malah justru mubajir.

“Anggaran yang tidak sesuai dengan hasil refocusing Itu juga repot. Jangan sampai tahapannya sudah jalan lalu berhenti di tengah jalan, nanti PUPR sudah melakukan ini itu. Ini yang kita khawatirkan,” ucapnya.

Risval menyebutkan salah satu imbas real akibat refocusing adalah lambatnya renovasi lantai dua Pasar Bastiong dan jalan masuk keluar Pasar Bastiong.

“Ini tergantung anggaran. Kalau anggarannya sudah pasti kami perbaiki,” pungkasnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini