Inspektorat Halmahera Barat Sosialisasi Permendagri Nomor 73 Tahun 2020

Editor: BrindoNews.com author photo

......

Inspektorat Kabupaten Halmahera Barat menggelar bimbingan teknis pengawasan pengelolaan keuanga desa di Kantor Camat Jailolo Selatan, Kamis, 3 Juni. Bimbingan teknis dalam rangka sosialisasi Permendagri Nomor 73 Tahun 2020 tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa itu diikuti seluruh kepala desa Jailolo Selatan.

Inspektur Pembantu Wilayah II Kecamatan Jailolo Selatan, Mispan Dano Lutfi menyebutkan, kegiatan bertajuk penguatan kapasitas pengawasan komunitas masyarakat dengan semangat kejujuran itu bentuk sosialisasi tentang penguatan kapasitas dan pengawasan tata kelola keuangan desa.

Permendagri Nomor 73 Tahun 2020 tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa, lanjut Mispan, diterbitkan untuk mewujudkan transparansi, akuntabilitas, tertib dan disiplin anggaran, serta partisipasi dalam pengelolaan keuangan desa.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman ke seluruh stakeholder yang terlibat dalam pengelolaan dana desa, dan ditargetkan setelah bimtek terjadi perubahan ditengah-tengah masyarakat. Karena APIP daerah, camat, BPD dan masyrakat sebagai wakil pemerintah pusat melakukan pengawasan pengelolaan keuangan desa di wilayah kabupaten kota,” ucapnya.

Mispan mengharapan melalui bimbingan teknis atau bimtek ini pemerintah desa dan BPD bisa sejalan dan memahami tugas masing-masing dalam melakukan pengawsan.

Pendamping desa tingkat Kabupaten Halmahera Barat, Ismar menambahkan, badan permusyawaratan desa atau BPD merupakan penggerak utama pengelolaan dan pengawasan keuangan desa.

Pengawasan yang kurang maksimal itu akibat dari masih banyaknya struktur BPD yang belum memahami fungsinya. Dilain sisi, ego kepala desa membatasi kewenangan BPD juga menjadi biang kerok pengawasan yang kurang maksimal. Oleh karena itu,

BPD dan kepala desa harus senergi dalam mewujudkan sebagaimana dimaksud dalam Permendagri Nomor 73 Tahun 2020,” sambungnya. (amh/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini