DPRD Halmahera Timur Berpeluang Tipis Tambah Kursi di Pileg 2024

Editor: BrindoNews.com author photo

Ilustrasi kursi DPRD.

Jumlah penduduk Kabupaten Halmahera Timur rentan waktu tiga tahun terakhir proyeksinya naik turun. Menurut data Kabupaten Halmahera Dalam Angka Badan Pusat Statistik Halmahera Timur 2020, 91.707 jiwa.

 

Update data ini lebih sedikit dari proyeksi penduduk pada 2019 sebanyak 95.005 jiwa. Itu artinya, pembahasan rencana penambahan kouta lima kursi dan daerah pemilhan pada pemilihan legislatif 2024 berpeluang tipis.


 Made with Flourish 

Sekertaris Dinas Pendidik dan Catatan Sipil Halmahera Timur Ismail Hayat Idris menyebutkan, trend pertumbuhan penduduk di kabupaten bermotto Limabot Fayfiye itu sebanyak 95.965 jiwa. Data semester pertama dan kedua per 30 Desember 2020 sesuai hasil rilis data kependudukan bersih atau DKB Dirjen Kementerian Dalam Negeri RI.

“Untuk DKB tahun 2021 sementara kami masih menunggu, karena dari Dirjen masih melakukan validasi, membersihkan data dan menyandingkan dengan elemen data. Karena itu kami belum bisa sampaikan, berapa penambahan dan berapa pengurangannya,” kata Ismail, Jumat 18 juni.

Ismail sendiri tidak bisa menjamin apakah rencana alokasi kursi dan daerah pemilihan pada pemilihan legislatif 2024 bakal disetujui oleh KPU atau tidak. Pertimbangannya selain proyeksi laju pertumbuhan penduduk, juga banyaknya penduduk yang pindah keluar.

“Capaian penduduk Halmahera Timur harus seratus ribu plus satu, itu bukan target kami. Target kami adalah bagaimana menjamin untuk mendaftarkan masyarakat agar memiliki dokumen kependudukan, meliputi kartu keluarga, KTP dan akta pencatatan sipil,” sebutnya.

“Jadi kami tidak ada urusan dengan penambahan kursi DPRD ataupun ini dan itu, tugas kami bukan itu,” sambungnya.

 

. (eko/red)
Share:
Komentar

Berita Terkini