Jadi Kawasan Penyangga 10 Bali Baru, Halmahera Timur Siap jadi Kabupaten Pintar

Editor: BrindoNews.com author photo

Air Terjun Tiga Bidadari. Kawasan wisata yang satu ini terletak di Dakaino, Mekar Sari, Kecamatan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur.

HALTIM, BRN - Kabupaten Halmahera Timur tengah menyiapkan penerapan smart city di tahun ini. Pencanangan menuju kabupaten pintar ini setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika RI merekomendasikan menjadi daerah penyangga kawasan wisata nasional10 Bali Baru” di Pulau Morotai.

Bupati Halmahera Timur, Hi. Ubaid Yakub mengatakan, penunjukan Halmahera Timur sebagai daerah penyangga berdasarkan nota kesepahaman dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. Implementasinya, lanjut Ubaid, nantinya ditindaklanjuti oleh Kominfo.

“Sosialisasi itu tugasnya Kominfo RI. Sedangkan daerah-daerah penyangga itu fokusnya pengembangan objek wisata,” kata Ubaid, Jumat, 21 Mei.

View pasir putih di Tajung Jara-jara, Kecamatan Maba Utara. Lokasi ini menjadi super prioritas pengembangan kawasan wisata penyangga wisata nasional "10 Bali Baru" di Pulau Morotai. Di lokasi ini, wisatawan juga bisa menikmati indahnya sunset di sore hari.
Ubaid menuturkan, kebijakan smart city di Halmahera Timur akan difokuskan lebih banyak pada pengembangan wisata. Pembenahan dan pemenuhan sarana prasarana spot wisata pasir putih tanjung Jara-jara Kecamatan Maba Utara dan Pulau Tapalo di Maba Selatan menjadi super prioritas sebagai wujud pemenuhan atraksi penunjang wisata di Morotai.

Pantai Tapalao merupaka wisata bahari di Halmahera Timur. Lokasi ini menjadi super prioritas pengembagan wisata pengembangan wisata nasional "10 Bali Baru" di Pulau Morotai.

Ubaid mengemukakan, penunjukan menjadi daerah penyangga menjadi suatu keberkahan bagi Halmahera Timur. Manfaatnya selain mengeksplor dan mempromosikan potensi-potensi wisata, juga berdampak positif pada sektor pendapatan, terutama UMKM.

“Pemerintah daerah sangat menyambut baik program ini (Smart City). Ini tujuannya dalam rangka mendukung program pengembangan destinasi pariwisata nasional,” katanya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini