Media Sosial Pemicu Kekerasan Anak di Halmahera Timur

Editor: BrindoNews.com author photo

Ilustrasi orang tua mengawasi anak dalam berinternet.

Angka kekerasan anak dibawah usia di Kabupaten Halmahera Timur terus menjulang. Meningkatnya korban kekerasan ini salah satunya dipicu oleh penggunaan media sosial.

Amin Ambeua, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Halmahera Timur, mengatakan, keretanan anak yang menjadi korban kekerasan berbasis gender online itu dipengaruhi minimnya pengetahuan anak tentang apa itu media sosial.

“Oleh karena itu, peran semua pihak sangat penting untuk memberikan edukasi terutama didikan orang tua kepada anak. Pendidikan agama menjadi alternatif yang harus orang tua mengajarkan kepada anak yang masih dibawah umur,” kata Amin ketika disembangi brindonews di Kantor Bupati Halmahera Timur, Kamis, 1 April.

Amin mengemukakan, orang tua harus menjadi benteng utama mengawasi anak bermedia sosial. Misalnya membuat atau menerapkan aturan dan larangan kepada anak yang mengakses internet tanpa pengawasan orang tua.

“Pengawasan orang tua terus dilakukan untuk memantau aktivitas anak di dalam maupun diluar rumah. Literasi digital keluarga sebagai bagian struktur sosial paling terkecil. Apalagi waktu orang tua lebih banyak bersama anak dibandingkan waktunya diluar rumah,” ucapnya.

Asisten Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Ciput Eka Purwianti, menyebut tiga risiko bagi anak mengalami kekerasan di ranah daring.

Tiga risiko tersebut diantaranya kekerasan siber (ini bisa termasuk eksploitasi seksual daring), adiksi siber, dan perundungan siber.

“Yang sangat penting dan utama adalah pastikan orang tua mendampingi saat anak-anak berselancar di internet dengan gawai mereka. jadi, jangan biarkan anak-anak ini sendirian saat mereka mengakses platform-platform online ini. Baik platform edukasi, platform entertainment, ataupun berita,",” kata Ciput yang brindonews dikanal linetoday, Kamis malam, sekira pukul 19.17 WIT. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini