Hotel di Ternate yang Belum Punya IPAL Bakal Dibekukan Izin Usaha

Editor: BrindoNews.com author photo

Sebuah hotel bintang empat yang terletak di pusat Kota Ternate. Sebelumny diganti namanya menjadi Hotel Sahid Bela, awalnya hotel ini bernama Grand Dafam Bela Ternate Hotel Sahid Bela Ternate.

Wali Kota Ternate terpilih, Muhammad Tauhid Soleman bakal menertibkan usaha perhotelan yang tidak punya tempat pengelola air limbah (IPAL). Penertiban itu dilakukan setelah ia dan Jasri Usman resmi dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate pada 26 April pekan depan.

Tauhid mengatakan, problem lingkungan di Ternate menjadi prorioritas di pemerintahan Ternate Andalan.

“Namun saya dan Pak Jasri memulai dengan melakukan audit penggunaan dan pengelolaan keuangan di masing-masing organisasi perangkat daerah (opd). Ini bertujuan agar menciptakan tata kelola keuangan yang bersih, transparan dan akuntabel. Termasuk mengevaluasi pekerjaan rumah yang belum dan sudah diselesaikan. Prinsipnya kepentingan publik dan masalah lingkungan jtidak diabaikan,” kata Tauhid ketika disembangi brindonews di kediamannnya, lingkungan Jan, Kelurahan Ubo-ubo, Kota Ternate Selatan, Kamis sore, 15 April.

Mantan Sekretaris Daerah Kota Ternate ini menyatakan, Pemerintah Kota Ternate bakal mengambil langkah tegas untuk menertibkan hotel yang tidak memiliki IPAL. Pembekuan izin menjadi peringatan keras bagi para pelaku usaha di bidang perhotelan agar memenuhi semua persyaratan dalam menjalankan usahanya.

“Tidak serta merta kita langsung bekukan izin mereka, semua ada prosedurnya. Kita evaluasi dulu teknis seperti apa?, kendalanya apa-apa saja?, kenapa bermasalah?, dan OPD teknis langkah apa yang sudah dilakukan sejauh ini. Persoalan teknis ini dulu yang dievaluasi.”.

“Jika semua sudah dievaluasi dan kemudian kita temukan masih ada hotel yang terindikasi, barulah kita keluarkan surat peringatan pertama, kedua dan ketiga. Karena ini bagaimanapun ini penilaian bagi saya untuk kepala-kepala OPD, dan tentunya menjadi bahan evaluasi ketika menjabat (Wali Kota Ternate) nanti,” ujarnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini