Hi. Robert Bantu Biaya Operasi Kolostomi Bocah Asal Halmahera Barat

Editor: BrindoNews.com author photo

Dahri menggendong M. Iqbal. Di perut putra dari Yanti Soamole itu tampak lubang kecil di bagian kanan perutnya. Lubang tersebut berfungsi sebagai lubang anus sementara.

Yanti Soamole akhirnya bernapas legah. Anaknya bernama M. Iqbal yang lahir tanpa lubang anus ini biaya operasinya dibantu oleh Presiden Direktur PT. Nusa Halmahera Mineral, Hi. Robet Nikiyudo Wachjo.

M. Iqbal merupakan putra dari pasangan Mohtar Jainal (almarhum) dan Yanti Soamole. Kelainan seperti ini dalam ilmu kedokteran disebut malformasi anorektal atau anus imperforata. Bocah 6 tahun itu terpaksa harus menjalani kehidupan dengan lubang di perut, yang berfungsi sebagai lubang anus sementara.

Yanti mengatakan kelainan anus itu baru diketahui saat anaknya baru berusia 9 hari. Ia dan suaminya sempat membawanya ke Puskesmas Sidangoli, Kecamatan Jailolo Selatan pada 2016 lalu.

“Saat itu langsung dirujuk ke RSUD Chasan Boesoerie untuk dilakukan operasi pembuatan anus lewat perut,” kata Yanti, begitu disembangi brindonews.com dikediamannya di Desa Moiso, Kecamatan Jailolo Selatan, Halmahera Barat, Selasa pagi, 6 April.

Dahri menjemput M. Iqbal di Desa Moiso, Kecamatan Jailolo Selatan. Ibunda M. Iqbal (jilbab hitam) dan ketua pemuda setempat (jersey AC Milan) mendapingi perjalan menuju RSUD Chasan Boesoirie Ternate. M. Iqbal tampak senyum.

Yanti mengatakan biaya operasi kedua pembuatan lubang anus atau operasi kolostomi itu ditanggulangi oleh Hi. Robet Nikiyudo Wachjo, Presiden Direktur PT. Nusa Halmahera Mineral.

“Atas nama keluarga, kami ucapkan banyak terima kepada Bapak Hi. Robet,” ucapnya dengan mata berkaca-kaca.

“Sesuai arahan yang disampaikan oleh tim NHM bahwa operasinya dilakukan di RSUD Chasan Boesoirie Ternate. Dan apabila operasi ini  belum bisa ditangani oleh pihak RSUD Chasan Boesoerie, maka akan dirujuk keluar daerah,” lanjutnya.

Brindonews berupaya mengonfirmasi kedua belapihak. Baik Direktur RSUD Chasan Boesoirie, Dr. Samsyul Bahri belum memberikan tanggapan mengenai pasein M. Iqbal. Kasubag Humas PT. NHM, Ramdani pun belum memberkan tanggapan. (amh/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini