Gubernur Malut Ditunjuk Sebagai Ketua Badan Pengelolaan Kawasan Khusus

Editor: BrindoNews.com author photo

 

Gubernur Malut, Abdul Gani Kasuba 


SOFIFI,BRN
- Gubernur Provinsi Maluku Utara Abdul Gani Kasuba (AGK) ditunjuk sebagai ketua badan pengelolaan kawasan khusus Ibukota Sofifi. Penunjukan ini disepakati dalam rapat bersama Bupati Halmahera Barat James Uang, Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim,yang dipusatkan di ruang rapat gubernur belum lama ini.

Selain penetapan gubernur sebagai ketua, juga membahas darf peraturan pemerintah (PP) yang saat ini lagi di siapkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kawasan Khusus ini berada di dua daerah yakni Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dan Kota Tidore Kepulauan (Tikep).

" Dalam rapat di sepakati Gubernur sebagai Ketua Badan Pengelola atau sebutan lain sesuai dengan nomenklatur yang tertulis dalam PP atau Perpres," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara’.

Sekertaris Daerah Samsuddin Abdul Kadir Selasa (19/4/2021) mengatakan, setelah ditunjuk sebagai ketua, Gubernur malut langsung menemui Mendagri M Tito Karnavian di Jakarta dalam rangka koordinasi pematangkan Percepatan Pembentukan Kawasan Khusus ini.

“ Pak Gubernur sudah berangkan Sini lalu, menemui Mendagri di Jakarta”

Sebelumnya, Mendagri M Tito Karnavian telah membentuk Tim Percepatan Pembentukan Kawasan Khusus Ibukota Provinsi Maluku Utara dan Kalimantan Utara berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 180.05-676 Tahun 2021, yang ditetapkan pada 25 Maret 2021.

Tim ini diketuai oleh          Apep Fajar Kurniawan, Staf Khusus Menteri Dalam Negeri Bidang Politik & Pembentukan Jaringan, dan sudah meninjau langsung Ibukota Sofifi selama lima hari untuk mengumpulkan data-data pendukung pembentukan kawasan khusus. (brn,red)

Share:
Komentar

Berita Terkini