Disperindag Kota Jamin Stok Sembako Aman Hingga Usai Lebaran

Editor: BrindoNews.com author photo

 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate : Hasyim Yusuf
TERNATE, BRN - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara menjamin ketersediaan  kebutuhan pokok (Bapok) selama Ramadan dan Lebaran 2021  masih relatif stabil. Stok juga dipastikan mencukupi hingga beberapa bulan ke depan atau sampai lebaran usai.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Hasyim Yusuf mengatakan, pihaknya akan terus memantau, menganalisis serta mengeksekusi rencana guna memastikan kecukupan suplai dengan harga yang stabil

“Dari hasil pantauan kami di lapangan, dipastikan harga 9 Bahan Pokok (Bapok) selama Ramadan sampai Lebaran tahun ini dipastikan aman dan stabil,”ucap Hasyim ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya Kamis (22/4/2021).

Menurut Hasyim, selama Ramadan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi secara intensif guna memastikan ketersediaan bahan pokok tetap aman. 

“Dari hasil pantauan di pasar-pasar Kota Ternate, harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) masih stabil hingga selesai lebaran. Akan tetapi ada beberapa kebutuhan pokok yang sering mengalami fluktuasi harga,” Ujar Hasyim.

Hasyim menyebut, dari 11 komoditas yang meliputi 51 jenis  kebutuhan pokok, terdapat 2 jenis yang mengalami fluktuasi harga yakni, Minyak goreng Bimoli 5 L yang semula 82,000 menjadi 85,000. Sementara Mantega Blue Band 2 Kg dari Rp.110,000 menjadi Rp.150,000. 

Begitu juga dengan hasil dengan hasil pertanian, dari 7 komoditas meliputi 29 jenis hasil pertanian pangan terdapat 9 jenis mengalami fluktuasi harga yakni Kacang Tanah, Bawang Merah, Cabe Keriting/Rawit, Bunga Kol/Kol, Petsay, Apel Wanghinston dan jeruk manis

Sementara untuk hasil jenis Perkebunan lanjut Hasyim, Pala Biji 1 Kg Rp.105,000 menjadi 100,000 per Kg, Kopra dari 1 Kg Rp.9,000 menjadi Rp.7000 per Kg dan Cengkeh 1 Kg dari Rp.60,000 menjadi Rp.83,000 per Kg.

Hasyim memastikan, bila nanti ada kenaikan harga, itu sifatnya sporadis. “ Intinya kami pastikan stok Sembako selalu tersedia dan kita akan terus memantau perkembangan harga yang ada di pasar,”tandasnya.(brn)


Share:
Komentar

Berita Terkini