Basarnas Ternate Siagakan Satu Kapal Antisipasi Laka Laut di Halsel

Editor: BrindoNews.com author photo

Kapal Rescue Boat 309.

Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate menyiapsiagakan satu unti Kapal Rescue Boat  309 di wilayah Halmahera Selatan (Halsel). Penempatan armada tersebut guna mendukung upaya penyelamatan kecelakaan (laka) laut.

Kepala Basarnas Kota Ternate, Muhamad Arafah mengatakan, pengoperasian kapal ini diharapkan bisa mempercepat upaya penyelamatan unit siaga Sar Bacan. Adanya armada ini bisa memberi rasa nyaman bagi masyarakat yang berpegian menggunakan jasa transportasi laut.

“RB 309 dengan 11 orang kru kapal sudah diberangkatkan dari Ternate menuju Bacan, dan akan stand by  di dermaga Panamboang Bacan,” kata Arafah, Jumat pagi, 16 April.

“Halmahera Selatan dengan laut luas tentu menyimpan potensi bahaya (kecelakaan laut). Kapal RB 309 Ternate ini akan memperkuat armada laut unit siaga SAR Bacan, terutama memberikan kontribusi pelayanan pencarian dan pertolongan di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan,” lanjut Arafah.

Arafah menjelaskan, Rescue Boat (RB) 309 Ternate merupakan kapal kelas tipe tiga. Panjangnya 28 meter, berbahan fiber dengan endurance  41 jam dan memiliki daya jelajah mencapai 574 nm dengan kecepatan rata-rata 14 knots. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini