129 Personel Diterjunkan Amankan PSU di Halmahera Utara

Editor: BrindoNews.com author photo
Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan

TERNATE, BRN – Polda Maluku Utara bakal menerjunkan 129 personel untuk mengamankan Pemungutan Suara Ulang (PSU) calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara yang bakal dilaksanakan pada 28 April 2021. 

Pengiriman ratusan personel ke Halmahera Utara ini untuk lebih meningkatkan keamanan di Lima TPS. Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan kepada wartawan Rabu, (21/04/2021).

Menurutnya, dari ratusan personel pengamanan terdiri beberapa Unit kerja, baik itu personel Brimob maupun Personel Shamabta. Bahkan Polda juga menurunkan Tim Khusus yang terdiri dari PJU Polda Malut untuk memberikan bimbingan.

“Tujuan JPU Polda Malut diturunkan adalah untuk diberikan pentunjuk dan pengamanan pada saat pelaksanaan PSU tersebut,”ujar Adip.

Adip juga menjelaskan, saat ini Polres Halmahera Utara bersam dengan unsur terkait dan pihak penyelengara dalam hal ini KPU/Bawaslu berkaloborasi dalam melakukan langkah – langkah prentif.

“Saat ini polres dan KPU/Bawaslu terus melakukan Himbauan maupun penderian pos di masing-masing TPS. Fungsingnya adalah untuk memberikan efek baik masyarakat di Halut agar supaya PSU tersebut berjalan aman sesuai dengan ketentua dan perintah Mahkama Konsitusi (MK),” pungkasnya.

Lanjut Adip, di Halmahera Utara ada lima TPS diselenggarakan PSU, maka Polda Malut akan menempatkan satu Palaton untuk menjaga masing-masing TPS. Setiap Platon terdiri dari 30 sampai 33 personel untuk mengamankan jalannya PSU.

 Sekedar diketahui, untuk penguatan dalam mengamankan PSU di Halmahera Utara diambil alih oleh Polda Malut. “pemgamanan PSU di Halut di luar dari anggota personel Polres HALUT.


Share:
Komentar

Berita Terkini