Ubaid Yakub: Aspirasi Masyarakat jadi Rujukan Program Pemerintah

Editor: BrindoNews.com author photo

Ubaid Yakub, Bupati Halmahera Timur.

Pemerintah di tiap-tiap kecamatan di Halmahera Timur mulai menyusun perencanaan pembangunan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah  atau RPJMD. Ubaid Yakub menyebut, penyusunan program berpedoman pada RPJMD dan memerhatikan RPJMN.

Bupati Halmahera Timur itu mengatakan, penyusunan penjabaran visi-misi, dan program kepala daerah yang penyusunannya mengacu RPJMD yang mengkorelasikan dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional atau RPJMN itu tujuannya menselaraskan antara Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Dengan demikian, musyawarah perencanaan pembangunan atau musrembang di level kecamatan dan rencana pembangunan daerah ikut serasi. Begitu pula pembangunan tingkat desa dan kabupaten terintegrasi dengan baik.

“Penyusuan rencana kerja oleh pemerintah daerah harus disesuaikan dengan hasil musrembang kecamatan. Ini supaya aspirasi masyarakat bisa terserap, begitu juga hasil musrembang kecamatan harus diakomodasi pada musrembang tingkat kabupaten. Tujuannya agar ada ada konektivitas antar program. Seluruh aspirasi masyarakat  diserap dan dijadikan bahan rujukan dalam program skala prioritas,” kata Ubaid, Selasa kemarin, 9 Maret. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini