TPP Desember Hangus, Pembayaran Hanya Januari-Februari

Editor: BrindoNews.com author photo

Ilustrasi.

Harapan aparatur sipil negera di Ternate mendapat tunjangan penghasilan pengawai tiga bulan berjalan pupus sudah. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah hanya merealisasikan penghasil tambahan tersebut terhitung Januari dan Februari. Itu artinya, tunjangan penghasilan pengawai atau TPP Desember tidak lagi dibayarkan alias hangus.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Ternate, M. Taufik Jauhar mengatakan, pemangkasan TPP Desember itu dipicu oleh anggaran.

“Uang kita tidak cukup untuk membayar semua permintaan yang masuk. Pembayaran TPP Januari - Februari 2021 tinggal menunggu permintaan dari organisasi perangkat daerah,” kata M. Taufik Jauhar, Kamis, 4 Maret.

Taufik mengaku pembayaran TPP tahun anggaran 2021 mengalami terlambat. Penyebab keterlambatan karena disesuaikan dengan rekomendasi atau ijin dari Kementrian Dalam Negeri atau Kemendagri RI.

“Kita juga terkendala dengan sistem, karena pengajuan pembayaran TPP ke Mendagri itu berdasarkan Aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Namun sudah ada persetujuan dari Kemendagri RI untuk pembayaran TPP,” sebutnya.

Atas dasar persetujuan tersebut, lanjut Taufik, Pemerintah Kota Ternate kemudian menerbitkan Keptusan Walikota Nomor 3 tahun 2021 tentang tunjangan penghasilan pegawai.

“Surat keputusan dari pak wali kota ini kita suda sebarkan/sampaikan di masing-masing dinas. Dinas sudah bisa melakukan permintaan (perbayaran TPP) dan kita akan cairkan TPP yang belum di bayar,” ucapnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini