Temuan TP-TGR Pemprov Capai 52 Miliar, Ini Target Inspektorat

Editor: BrindoNews.com author photo

 

Kepala Inspektorat Provinsi Maluku Utara Nirwan M.T.Ali 


SOFIFI,BRN Sidang penyelesaian penghapusan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi pemerintah TP-TGR Provinsi Maluku Utara, atas dasar temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Malut, sejak tahun 2005 sampai 2015 yang belum dapat ditindaklanjuti.

Hasil Audit BPK menemukan adanya nilai TP-TGR yang belum diselesaikan senilai Rp. 52 Miliar. Meski begitu Pemprov Malut sudah pernah mengusulkan ke BKP sejak tahun 2018 untuk dilakukan penghapusan. Meski begitu usulan tersebut sejauh ini belum ditindaklanjuti BPK dan akhirnya masih menjadi temuan setiap tahun.  

" Kami akan mendesain satu agenda dengan BPK serta melibatkan beberapa SKPD lingkup pemprov ini untuk di bahas, apa yang menjadi kendala sehingga belum dihapuskan," kata Kepala Inspektorat Malut, Nirwan M.T Ali saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/3/2021).

Menurutnya, di tahun 2018 Pemrpov sduah menguslkan ke BPK untuk dilakukan penghapusan, sebab temuan TP-TGR ini banyak pejabat yang sudah meninggal dunia, dan sebagian sudah pensiun.  Jika temuan TP-TGr ini ini telah di hapus, tunggakan temuan Pemprov Malut tersisa tersisa sedikit.

Mantan kepala DPMPTSP ini menargetkan, di bulan Desember 2021, Pemprov Malut bersih dari temuan. "Jadi minggu depan akan di agendakan untuk bahas penghapusan. Semoga bisa secepatnya dihapus, dan tunggakan temuan ini tersisa sedikit lagi. Maka saya pastikan sebelum Desember itu Pemprov Malut sudah bersih dari temuan," jelasnya.

Perlu diketahui TP-TGR adalah suatu proses tuntutan terhadap Bendahara, Pengurus/Penyimpan Barang, Pegawai bukan Bendahara atau pengurus/penyimpan barang, atau Pihak Ketiga yang telah melakukan perbuatan yang mengakibatkan kerugian keuangan atau barang daerah  (red/brn)

 

Share:
Komentar

Berita Terkini