Dispar Ternate Sosialiasasi TDUP bagi Pelaku Usaha Pariwisata

Editor: BrindoNews.com author photo

Rizal Marsaoly: TDUP syarat wajib 

RIZAL MARSAOLY.

Dinas Pariwisata atau Dispar Kota Ternate melakukan sosialisasi Tanda Daftar Usaha Parawisata atau TDUP di Kieraha Ballroom Muara Hotel Ternate, Rabu, 10 Maret. Serimoni yang melibatkan pelaku usaha bidang pariwisata itu dibuka oleh Assiten II Pemerintah KotaTernate, Bahtiar Teng.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, TDUP merupakan izin wajib yang harus dilengkapi oleh pemilik usaha, baik hotel, restoran, cafe, maupun rumah makan.

Tujuan sosialisasi untuk memberikan pemahaman para pemilik usaha agar memahami pentingnya TDUP. Masih banyak kendala yang dialami pelaku usaha ketika mengurus seperti IMB, sertifikat layak sehat cenderung menyebabkan para pelaku usaha mengabaikan.

“Berharap setelah sosialisasi ini, mulai besok dan seterusnya mereka sudah bisa ke dinas penanaman modan dan pelayanan terpadu satu pintu untuk mengurus semua kendala yang dialami,” kata Rizal, usai sosialisasi.

Rizal menyatakan, TDUP merupakan domain utama sebelum para pelaku atau pemilik usaha melakukan aktivitas. Apalagi, pertumbuhan ekonomi kreatif di Ternate makin meningkat.

“Instrumen pengendalian kita di pariwisata adalah TUDP. Dinas parawisata punya wewenang verifikasi TDUP. Kalau (TDUP) ini tidak ada, ya harus dipenuhi, jika tidak maka tempat usaha tersebut secara administrasi belum tercafer,” ucapnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini