Polisi Ringkus Narapidana Pengendali Sabu di Lapas Ternate

Editor: BrindoNews.com author photo

Koko dan IS berseta barang bukti hasil penangkapan kasus penyalahgunaan narkotikan ikut dihadirkan dalam jumpa pers di depan ruang TMCC Polres Ternate. Dari belakang tampak tiga orang anggota resmob dan satu oanggota propam mengawal ketat kedua tersangka. 

Pengendalian dan peredaran narkoba jenis sabu di balik jeruji besi kembali terjadi. Ini setelah Kepolisian Sektor Ternate Utara menangkap CH alias Koko pada Selasa sore, 9 Maret 2021, pukul 16.00 WIT.

Koko adalah orang suruhan IS alias Kencil, terpidana kasus narkoba di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Jambula dengan masa hukuman 20 tahun penjara. Pria berusia 33 tahun ini ditangkap oleh polisi di depan Kantor Balai Prasana dan Pemukiman Wilayah Maluku Utara.

Kepala Kepolisian Resort Ternate, AKBP. Aditya Laksimada mengatakan, sabu seberat 60,32 gram atau setara dengan 120 juta rupiah diamankan dari tangan CH. Penangkapan oleh Tim Resmob Serigala Utara ini sesuai informasi yang diterima pada Sabtu,  6 Maret.

“Koko dan IS ini diduga kuat ada kaitan peredaran narkotika. Tersangka Koko merupakan orang suruhan IS yang diringkus di Kos-kosan Sabua Raha, lingkungan Kasturyan, Kecamatan Ternate Utara. Sedangkan IS sementara menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Jambula,” kata Aditya dalam jumpa pers di depan ruangan TMCC Polres Ternate, Kamis siang, 11 Maret.

Ditankap dalam Lapas

Aditya menambahkan, selain 60,32 gram, juga sejumlah barang bukti lain ikut disita dari tangan Koko. Diantaranya, dua sachet plastic bening ukuran besar dan sedang berisi sabu, tiga plastik bening belum terpakai, satu timbangan digital dan satu handphone Vivo Z1 Pro.

“Sabu 60,32 gram milik IS ini dikirim dari Surabaya menggunakan cargo bandara. Dari hasil pengembangan dan keterangan Koko, anggota langsung menuju ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II-A Jambula,” ucap Aditya.

Bermodal dari keterangan Koko, lanjut Aditnya, polisi kemudian menangkap IS di dalam Lapas Kelas II-A Jambula. Beberapa barang bukti iktu diamankan oleh polisi guna penyelidikan lebih lanjut.

“Masing-masing pipet kaca, korek api serta satu handphone samsung galaxy A10. IS diamankan pada Selasa malam, 9 Maret 2021, pukul 22.30 WIT,” sebutnya.

Kepala Kepolisian Sektor Ternate Utara, Iptu Joni Aryanto mengatakan, Koko dan IS diketahui berkomunikasi tiga bulan terakhir. Paket sabu dikirim dengan cara menaruh didalam printer rusak.

“Modus pengirimannya sudah beberapa kali, yang terakhir itu mengelabui petugas dengan cara sabu tersebut ditaruh dalam printer rusak. Koko dan IS dijerat Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 ayat (1) subsider Pasal 132 ayat (1) Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun dan maksimal 12 tahun penjara,” ucapnya. (tm/red)

 

***

Catatan redaksi: berita ini sudah dilakukan satu kali revisi untuk memperbaiki judul. Sebelumnya di tulis Polisi Bongkar Jaringan Narkoba di Lapas diralat menjadi Polisi Ringkus Narapidana Pengendali Sabu di Lapas Ternate seperti tertera diatas. Atas nama redaksi brindonews.com meminta maaf kekhilafan dalam penulisan. Minta maaf juga atas ketidaknyamanannya.

Share:
Komentar

Berita Terkini