Pemerintah Maluku Utara Fokus Dorong Tiga Sektor Ekonomi

Editor: BrindoNews.com author photo

Samsuddin: Butuh kolaborasi dan sinergitas kabupaten kota

Samsuddin A. Kadir memberikan sambutan dalam rapat paripurna dalam pidato Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat terpilih.

Pemerintah Provinsi Maluku Utara terus berupaya mendongkarak tiga sektor perekonomian. Samsuddin A. Kadir mengemukakan, tiga sektor tersebut bisa terwujud kalau ada kolaborasi dan sinergitas antar pemerintah kabupaten kota.

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara itu mengatakan pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara mengalami perbaikan. Badan Pusat Statistik mencatat Maluku Utara menempati peringkat satu dengan pertumbuhan positif 6,07 persen, disusul Sulawesi Tengah dengan 2,8 persen di posisi kedua, dan Kalimantan Utara ditangga ketiga dengan pertumbuhan ekonomi 1,4 persen.

Samsuddin mengemukakan, pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara tidak luput dari kontribusi tiga sektor, yaitu pariwisata, perikanan, dan pertanian. Ketiga sektor ini, sambung Samsuddin, berhubungan erat dengan pertambangan.

“Sektor perikanan misalnya. Karyawan-karyawan di tambang akan mendapat pasokan ikan dari nelayan-nelayan lokal kita, begitu juga suplai kebutuhan pada sektor pertanian dan sektor parwisata yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Samsuddin saat memberikan sambutan dalam sidang paripurna dalam rangka pidato Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat terpilih di Gedung DPRD Halmahera Barat, Selasa, 2 Maret. (adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini