Pemerintah dan Bea Cukai Resmikan Kawasan Berikat di Harita Nickel

Editor: BrindoNews.com author photo

Penyerahan cendra mata oleh perwakilan Manajemen Harita Nickel, Donald Hermanus.

Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku meresmikan Kawasan Berikat di Desa Kawasi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara. Peresmian dilakukan di Kantor Bea Cukai Ternate, Selasa, 2 Maret 2021.

Perusahaan penerima fasilitas Kawasan Berikat itu terdapat tiga perusahaan, yaitu PT. Megah Surya Pertiwi, PT. Halmahera Persada Lygend dan PT. Halmahera Jaya Feronikel. Tiga ini dibawah kendali Harita Nickel Group yang beroperasi di Pulau Obi.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Maluku Utara, Bambang Hermawan mengemukakan, adanya Kawasan Berikat tersebut diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, termasuk ekspor.

“Kawasan Berikat Harita Nickel hadir di Maluku Utara ini semoga akan terus berlanjut ke kawasan berikat lainnya. Kehadiran kawasan berikat ini menunjukkan bahwa Maluku Utara adalah tempat untuk investasi. Kami siap memberi kemudahan-kemudahan kepada investasi yang baik. Ini tidak boleh terhenti sampai disini dan harus memicu investasi lainnya,” kata Bambang.

Perwakilan Manajemen Harita Nickel, Donald Hermanus mengatakan, peresmian Kawasan Berikat merupakan kepercayaan kepada Harita Nickel. Kepercayaan ini akan dijaga yang diiikuti sesuai aturan yang berlaku.

“Kawasan Berikat ini akan sangat bermanfaat bagi kami yang berinvestasi di Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Semoga sumbangsih perusahaan semakin meningkat dan memberi manfaat positif kepada semua pihak, pemerintah, masyarakat dan juga perusahaan. Terimakasih kepada semua pihak yang telah dan terus mendukung Harita Nickel dalam turut membangun Maluku Utara, khususnya Halmahera Selatan,” ucap Donald.

Erwin Situmorang menambahkan, Kawasan Berikat di 3 perusahaan hilirisasi nikel tersebut akan meningkatkan investasi. Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku ini bilang, perbaikan investasi berimbas positif pada kesejahteraan masyarakat.

“Semakin banyaknya investasi dapat meningkatkan lapangan kerja dan kesejahteraan. Tujuan kami adalah memudahkan investasi. Kawasan berikat ini merupakan kolaborasi dari Bea Cukai dan Pajak yang akan memudahkan penerima fasilitas. Kami sangat mengapresiasi Harita yang telah mahu berinvestasi di Maluku Utara. Kolaborasi ini sangat menguntungkan semua pihak,” sebut Erwin. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini