Oknum Kades Gaifoli Diduga Sunat DD hingga Ratusan Juta Rupiah

Editor: BrindoNews.com author photo

Infografis ini mengkhtiarkan kepala desa agar mengelola dana desa sesuai koridor. (Infofrais:google.com)

Oknum Kepala Desa Gaifoli, Kecamatan Maba Tengah, Halmahera Timur, diduga menyunat  sejumlah anggaran kegiatan yang bersumber dari dana desa. Dugaan pemotongan ini diperkuat dengan hasil penulusuran oleh ketua badan permusyawaratan desa (BPD) setempat.

Abdul Gani Timbolu, Ketua BPD Gaifoli menuturkan, penulusuran yang dilakukan tersebut untuk menindaklanjuti aduan masyarakat. Hasilnya, ditemukan fakta lapangan beberapa item kegiatan tidak sesuai perencanaan.

“Laporan dan informasi warga tersebut benar adanya. Salah satunya kita temukan ada kekurangan volume pengerjaan gorong-gorong semi jembatan tahun anggaran 2019,” kata Abdu, Selasa malam, 30 Maret.

Abdul mengatakan pihaknya pernah menyurat kepada kepala desa untuk mengklarifikasi laporan masyarakat. Namun, lanjut Abdul, surat tersebut tidak ditanggapi. 

“Kami langsung melayangkan surat pemanggilan kepada kepala desa. Maksud menyurat itu untuk meminta keterangan dan klarifikasi, sekaligus melakukan pertemuan secara terbuka bersama BPD dan tokoh masyarakat, tetapi kepala desa abaikan suratnya,” ujarnya.

Agar masalah ini terselesaikan, kata Abdul, pihak BPD dan masyarakat akan melaporkan ke Inspektorat Halmahera Timur untuk mengaudit. Termasuk kepolisiandan kejaksaan negeri.

“Kami akan laporkan sesuai bukti (hasil penelusuran) ke Inspektorat, bupati, Polres dan kejaksaan negeri. Yang jelasnya harus ditindak sesuai jalur hukum dan perundang-undangan yang berlaku agar ada efek jerah,” ucapnya. 

 

 

(mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini