Narkoba dari Jawa dan Makassar Dominasi Peredaran di Ternate

Editor: BrindoNews.com author photo

Foto bersama AKP. Azis Ibrahim Muamar dan peserta sosialisasi.

AKP. Azis Ibrahim Muamar mengemukakan, Kota Ternate merupakan kota dengan keretanan peredaran narkoba relatif sedang. Narkoba yang beredar di ternate sebagian besar teridentifikasi berasal dari Jawa dan Makassar.

Kepala Bagian Operasional Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Maluku Utara itu mengatakan, kasus penyalahgunaan narkoba di Ternate cenderung naik. Korban atau tersangkanya rata-rata para pemakai.

“Kalau dilihat pengungkapan kasus ada kenaikan. Barang-barang (narkoba) dipasok dengan cara kiriman paket melalui maskapai,” kata Azis dalam sosialisasi bahaya narkoba di Balai PKK, Kelurahan Ubo-ubo, Kota Ternate Selatan, Selasa siang, 2 Maret 2021.

Aziz menyebut sosialisasi yang melaibatkan tokoh masayarakat itu sudah termasuk program Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah Maluku Utara.

“Masyarakat diberikan pemahaman apa itu narkoba yang mencakup apa bahayanya, mengenali ciri-ciri pemakai, pengedar, bahkan bandar. Ini sangat penting, karena narkoba mengancam semua strata sosial,” ucapnya.

“Sosialisasi anti narkoba di kelurahan-kelurahan ini dilakukan disesuaikan dengan jadwal atau agenda-agenda internal. Kelurahan yang akan pilih itu salah satunya dilihat kerewanan peredaran narkoba,” sambungnya.

Farida R. Muhammad mengakui banyak pemahaman tentang bahaya narkoba. Kepala Kelurahan Ubo-ubo ini bahkan mendukung jika dilakukan tes urine di lingkup pemerintah kelurahan.

“Pemerintah kelurahan juga nantinya mengagendakan sosialisasi bahaya narkoba kepada pemuda dan masyarakat Ubo-ubo dengan melibatkan Ditresnarkoba Polda Maluku Utara,” katanya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini