Mengenal Penyebab dan Langkah Mitigasi Ketika Bencana Geologi

Editor: BrindoNews.com author photo

Warning Receiver System atau WRS. Alat ini berfungsi menerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami berupa smart display.

Bencana geologi adalah bencana yang terjadi dipermukaan bumi yang dipicu oleh gerakan atau aktifitas dari dasar bumi yang muncul ke permukaan. Geologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi.

Penjelasan ini mengemuka dalam praktikum mahasiswa semester enam Program Studi Geografi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan atau STKIP Kie Raha Ternate di Stasiun Geofisika Kelas III Ternate, Kamis kemarin.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Ternate, Andri Wijaya Bidang mengatakan, pemahaman masyarakat tentang mitigasi dan mengetahui penyebab bencana geologi memiliki peranan penting dalam upaya penanggulangan atau mitigasi.

Dalam upaya bagaimana menghadapi mitigasi bencana, lanjut Andri, diperlukan sosialisasi yang intens.

“Masyarakat perlu tahu apa yang harus dilakukan dalam hal menyelamatkan diri. Dengan demikian, mahasiswa memiliki peran mengedukasi dan menyebarkan informasi geologi kepada masyarakat. Harus ada sinergi,” kata Andri.

Andri Wijaya Bidang, Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Ternate saat menyambut kedatangan mahasiswa semester enam Program Studi Geografi STKIP Kie Raha Ternate.

Andri menyebut, kegiatan praktikum perdana itu dibina oleh 4 tenaga ahi geofisika. Masing-masing kelompok diberi pengantar tentang pengenalan peralatan dan cara kerjanya.

“Kita bagi dua kelompok. Sebelum kita memulai kegiatan, mereka diingatkan kembali apa itu bencana akibat proses geologi (gempa bumi, tsunami, vulkanologi) dan bagaimana solusi menghadapi bencana serta sikap yang harus dihadapi,” ujar Andri.

Ketua Program Studi Pendididikan Geografi STKIP Kie Raha Ternate, Alwi La Masinu menuturkan, pertemuan bersama Stasiun Geofisika Kelas III Ternate itu merupakan pertemuan kedua.

“Sebelumnya kita ada kuliah tamu yang pemicaranya Pak Andri Wijaya Bidang. Tatap muka yang kedua ini tindaklanjut dari pertemuan pertama kemarin,” kata Alwi.

Magister Teknik Geologi Universitas Hasanuddin Makassar ini berharap kepada mahasiswa agar tetap berprilku baik selama praktikum. “Insyah Allah berjalan sesuai harapan,” ucapnya. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini