Dinas Pendidikan Halmahera Timur Sosialisasi Assessment Nasional SD

Editor: BrindoNews.com author photo

ILUSTRASI.

Dinas Pendidikan Kabupaten Hamlmahera Timur terus memantapkan kesiapan pelaksanaan ujian nasional jenjang pendidikan sekolah dasar. Pemantapan lewat sosialisasi yang melibatkan para guru itu dipusatkan di Aula Kantor Bupati Halmahera Timur, Kamis, 18 Maret 2021.

Dheni Tjan, Sekretaris Daerah Halmahera Timur, ketika membuka sosialisasi pelaksanaan ujian, mengatakan sosialisasi assessment nasional  di tingkat satuan pendidikan sangat penting dilakukan.

Selain mempermudah peserta didik dan para guru dalam memperoleh informasi pelaksanaan ujian atau assessment nasional, juga mendorong setiap kepala sekolah agar lebih menyiapkan diri dalam mendukung ujian nanti.    

“Asesmen nasional atau pengganti dari ujian nasional ini salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Assessment nasional ini juga dapat meningkatkan proses belajar mengajar siswa di satuan pendidikan tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama,” kata Dheni membuka sambutan.

“Melalui assessment nasional ini juga para guru harus mampuh mengukur kualitas siswa dalam melakukan ujian nanti. Saya berharap semoga  ini dapat memberikan dampak positif di masa sekarang dan masa yang akan datang,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Halmahera Timur, Beni Sutarman menambahkan, assessment nasional ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dalam menghadapi tahapan ujian nanti.

“Kegiatan ini untuk mengukur parameter mutu pendidikan. Assessment ini bukan dalam artian sebagai syarat penentuan kelulusan siswa-siswi, tapi untuk menentukan kualitas pembelajaran di seluruh sekolah yang ada di Halmahera Timur,” ujarnya. (mal/red/pn)

Share:
Komentar

Berita Terkini