Apdesi Halut Desak Pemerintah Daerah segera Lunasi Siltap

Editor: BrindoNews.com author photo

Para Kades di Kabupaten Halmahera Utara (Halut)

HALUT, BRN - Usai sudah batas kesabaran 196 kepala desa di Kabupaten Halmahera Utara. Para kepala desa mendatangi Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah  setempat untuk menagi janji hak berupa penghasilan tetap atau siltap bagi perangkat desa selama Oktober sampai Desember 2020.

"Kali ini sudah tidak bisa di tolerir. Kami minta hari ini juga pemda segera melunasi hak-hak kami. Kalau tidak, maka kami akan menggelar aksi lanjutan dan membakar ban bekas serta  menduduki kantor ini," ucap ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Halut. Tommy Moses,  Rabu 3/3. 

Aksi tersebut direspon oleh bendahara BPKAD Halut Alfons Ungu. dihadapan para kepala desa, Alfons mengatakan pihaknya sudah mengajukan surat pencairan dana, hanya saja terkendala dengan administrasi dari beberapa kepala yang belum dilengkapi.

"Jadi memang pencairannya agak molor dari janji sebelumnya akan dilunasi di awal Maret ini," ucapnya. 

Meski begutu, Tommy menakpik respon tersebut. Ia mengatakan, keterlambatan administrasi dari 11 kepala desa itu bukan alasan dan menghambat pembayaran siltap bagi kepala desa.

"Ya, kalau memang ada 11 kades yang belum melengkapi administari keuangannya, silahkan komunikasi dengan mereka. Tapi bukan berarti menghambat pencairan hak-hak  yang sudah lengkap administarsi. Karenanya kami minta badan keuangan agar hari ini juga hak-hak kami di bayar," tegas Tommy. (art/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini