Abrasi Pantai di Tifure Butuh Perhatian Pemerintah Ternate

Editor: BrindoNews.com author photo

Abrasi pantai di area pelabuhan Desa Banyubiru. (dok. radarbali.id, media grup jawapos.com)

Abrasi pantai yang menerjang Kelurahan Tifure, Batang Dua, Kota Ternate, kian mengahawatirkan. Warga setempat membutuhkan pelindung agar terhindar dari ancaman abrasi yang semakin parah.

Ikhwal ini disampaikan Lurah Tifure, Alter Akian Koda, di Kantor DPRD Kota Ternate, Rabu 3 Maret. Alter mengatakan, abrasi yang kian parah itu sangat mengancam warga yang tinggal di sekitar bibir pantai.

“Kalau di biarkan terus takutnya lebih parah lagi. Bahkan dua pelabuhan (jembatan) tergenang kalau terjadi cuaca ekstrem,” katanya.

Alter menyatakan, abrasi di kelurahannya itu disampaikan ke Mitigasi dan Rehabilitasi Pantai Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Jawaban dari mereka katanya lokasinya ditinjau dulu. Setelah dikaji dan kalau sangat urgen, mereka akan membantu membangun talud dan pemecah obak,” ucapnya.

Alter berharap ada langkah mitigasi bencana dari Pemerintah Kota Ternate. “Kami sangat butuh perhatian Pemerintah Kota Ternate. Kiranya ini bisa dimasukkan dalam program prioritas supaya secepatnya teratasi,” ujarnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini