Penyerahan 4 Aset Pemkot Tunggu Persetujuan DPRD Kota Ternate

Editor: BrindoNews.com author photo

MUCHTAR BIAN.

Rencana pengalihan empat aset Pemerintah Kota Ternate masih menunggu hasil kajian Komisi I dan III DPRD Kota Ternate. Empat aset berupa bidang tanah dengan nilai Rp5 Milyar itu diserahkan ke Polda Maluku Utara kalau kedua komisi tersebut sudah menyepakatinya.

Ketua Komisi I DPRD Kota Ternate Muchtar Bian menyebut empat aset tersebut diantaranya tanah seluas 32.000 meter persegi dan tanah dan bangunan kantor eks DPRD Kota Ternate dengan luas 1.120 meter persegi di Kelurahan Jambula, Kecamatan Ternate.

Kemudian tanah seluas 7.000 meter persegi di Kelurahan Sasa, Kecamatan Ternate Selatan, serta tanah rumah dinas Kepala Kopolisian Daerah Maluku Utara dengan luas 1.625 di Kelurahan Kalumata, Kecamatan Ternate Selatan.

“Rencana pengalihan aset ini atas dasar surat dari Wali Kota Ternate tertanggal 11 Febuari 2021 perihal persetujuan DPRD terkait aset Pemerintah Kota Ternate yang akan diserahkan ke Polda Maluku Utara,” kata Muchtar, usai rapat dengar pendapat gabungan komisi bersama di Gedung DPRD, Jumat 19 Februari.

Politisi PKB ini menyatakan empat aset yang statusnya hak pakai itu masih diperlukan informasi-informasi lainnya dari Komisi I, termasuk informasi mengenai penyerahan aset.

Pendalaman informasi, sambung Muchtar, sangat menentukan dan menjadi dasar apakah aset tersebut boleh dialihkan atau tidak. Sebab, ada beberapa aset sudah serahkan tanpa persetujuan DPRD.

“Karena itu Komisi I dan III berkesimpulan rapat ini harus ditunda dulu dan rencananya akan ada rapat kedua. Karena ini perlu pengkajian yang mendalam, karena ini menyangkut hukum. Kita undang juga pihak terkait dalam rapat lanjutan pembahasan 4 aset ini,” ucapnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini