Peningkatan Puskesmas Kota jadi RS Tipe D Tunggu Hasil Asesment

Editor: BrindoNews.com author photo

Nurbaity Marajabessy.

Pemerintah Kota
Ternate berencana meningkatkan status Puskesmas Kota menjadi tipe D. Perubahan status puskesmas menjadi rumah sakit ini bisa terwujud kalau sudah ada asesment atau persetujuan dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaity Radjabessy mengatakan, pengajuan peningkatan status tersebut rencananya diajukan pada Jumat, 5 Februari 2021 pekan ini.

Saat ini, lanjut Nurbaity, pihaknya tengah mempersiapkan dan melengkapi semua persyaratan, salah satunya termasuk pemenuhan fisik puskemas.

“Kelayakan puskesmasnya sementara dalam pengerjaan/rehab. Setelah hasil asesment sudah keluar, kami sudah mulai jalan sambil menunggu ijinnya. Soal tenaga medisnya sudah siap, bahkan ada sembilan dokter ahli yang kami siapkan untuk masuk bekerja di rumah sakit nanti,” kata Nurbaity, ketika disembangi usai rapat bersama DPRD Kota Ternate, Selasa 2 Februari.

Junaidi A. Bahrudin mendukung rencana Pemerintah Kota Ternate tersebut. Anggota Komisi III DPRD Kota Ternate ini mengatakan, rencana yang sifatnya pengusulan itu harus didukung dengan beberapa syarat.

“Misalnya aspek suber daya manusia, harus ada dokter ahli. Aspek sarana dan prasarana berupa jumlah tempat tidur, ruang inap dan dari aspek jangkauan lokasinya. Berdasarkan peraturan kementerian kesehatan, rumah sakit tipe D ini salah satu syaratnya yaitu memiliki kapasitas di atas 50 tempat tidur,” ucapnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini