Pemerintah Maluku Utara Terima Nomor Registrasi APBD 2021 dari Kemendagri

Editor: BrindoNews.com author photo

Samsuddin A. Kadir.

SOFIFI, BRN - Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri RI telah mengeluarkan nomor regstrasi APBD tahun 2021. Kendati begitu, Pemerintah Provinsi Maluku Utara belum dibolehkan mencetak Dokumen Pelaksana Anggaran atau DPA.

Pemerintah Provinsi Maluku Utara dibolehkan mencetak DPA kalau sudah menyerahkan hard copy anggaran pendapatan belanja baerah atau APBD ke Kemedagri RI. Pemenuhan hard copy berlaku wajib sebagai syarat di masukkan ke kemendagri.

Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir mengemukakan, DPA untuk dibagikan ke masing-masing organisasi perangkat daerah atau OPD itu akan segera di cetak. Ini tujuannya agar masing-masing OPD sudah bisa menyiapkan diri untuk menjalankan program dan kegiatan yang sudah ditetapkan.

“Sehingga, APBD 2021 bisa berjalan maksimal terutama untuk program tahun 2021. Secara teknis tidak ada perubahan mendasar dari hasil evaluasi yang dilakukan pemerintah provinsi, proses pelaksanaan program dalam APBD 2021 dapat dilangsungkan lebih cepat,” ucapnya.

 Sebelumnya kemendagri melakukan evaluasi dokumen APDB tahun 2021. Evaluasi tersebut Pemerintah dan DPRD Maluku Utara kemudian menindaklanjut dengan memasukkan kembali hasil perbaikan ke kemendagri, lalu memperoleh nomro registrasi APBD.

“Alhamdulillah nomor registrasinya sudah keluar, dan dalam waktu dekat akan dibagikan DPA ke masing-masing OPD,” katanya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Maluku Utara, Ahmad Purbaya membenarkan Kemendagri RI telah mengeluarkan nomor regisrasi APBD Maluku Utara tahun 2021. 

“Sehari dua sudah dilakukan pemberian DPA ke masing-masing OPD setelah dicetak,” ucapnya. (adv)

Share:
Komentar

Berita Terkini