Pemda, DPRD dan IWIP Sepakat Bangun Kantor Perwakilan di Halmahera Timur

Editor: BrindoNews.com author photo

Bahmid Djafar, Sekretaris Komisi II DPRD Halmahera Timur.

Pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Halmahera Timur bersama manajemen Indonesia Weda Bay Industrial Park atau PT. IWIP bersepakat menambah aset di Halmahera Timur. Perusahaan tambang nikel itu setuju bakal mendirikan kantor perwakilan di kabupaten bermotto Limabot Fayfiye  itu.

Kesepakatan membangun kantor perwakilan tersebut setalah pemerintah dan Komisi II DPRD setempat melakukan kunjungan pada Kamis, 11 Februari kemarin.

“Ini agar lebih memudahkan semua urusan administrasi yang berkaitan tenaga kerja asal Halmahera Timur, perekrutannya dilakukan disini saja (Halmahera Timur), tanpa harus berhubungan/berurusan di kantor pusat PT. IWIP yang ada di Halmahera Tengah,” ucap Bahmid Djafar, Senin, 15 Februari.

Sekretaris Komisi II DPRD Halmahera Timur ini mengatakan ada beberapa poin yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Pembagian dana bagi hasil atau DBH serta jatah kouta tenaga kerja asal Halmahera Timur adalah dua dari beberapa poin yang dibahas, termasuk pemenuhan kantor perwakilan.

“Soal DBH ini karena menurut kami selama ini belum pernah tersentuh ke Pemerintah Halmahera Timur, padahal konsesi lahan yang eksploitasi PT.IWIP masuk sampai ke wilayah Halmahera Timur. Mengenai tenaga kerja, pihak PT. IWIP sampaikan kalau tenaga kerja dari Halmahera Timur yang sudah bekerja mencapai lebih dari 600 orang. Tapi datanya benar atau tidak kami belum tahu. Soal kouta nanti keterwakilan PT. IWIP (HRD) untuk berkoordinasi langsung dengan dinas ketenagakerjaan dan transmigrasi untuk atur secara teknis,” katanya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini