Pelantikan Kada Terpilih di Maluku Utara Dilakukan 3 Tahap

Editor: BrindoNews.com author photo

Ilustrasi pengambilan sumpah sebelum dimulainya pelantikan.

Kepala Bagian Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Taufiqurahman Maradjabessy mengemukakan, pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah pemenang pilkada 2020 dilakukan dalam tiga tahap.

Tahap pertama terdapat empat daerah yaitu, Kota Tidore Kepulauan, Halmahera Timur, Halmahera Barat, dan PulauTaliabu. Tahap kedua masing-masing Kota Ternate dan Halmahera Utara.

“(tahap dua) ini masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi pada tanggal 24 Maret. Sehingga itu, pelantikannya akan dilakukan pada pekan kedua atau ketiga April nanti,” kata Taufiqurahman, Rabu, 24 Februari.

Sedangkan tahap ketiga, sambung Taufiqurahman, yaitu Halmahera Selatan dan Kabupaten Kepulauan Sula. Jadwal pelaksanaan pelantikan kedua daerah ini disesuaikan dengan akhir masa jabatan kepala daerah masing-masing.

“Halmahera Selatan akan berakhir pada 23 Mei 2021, sementara Kabupaten Kepulauan Sula berakhir pada 3 Juni 2021. Kedua kepala daerah (kada) terpilih ini akan dilantik bersamaan di minggu kedua atau ketiga pada Juni 2021,” ucapnya.

“Bagi daerah yang sudah memperoleh hasil putusan sela oleh Mahkamah Konstitusi bisa ajukan usulan pelantikan ke pak gubernur, namun proses penerbitan SK-nya menunggu akhir masa jabatan dua kepala daerah ini,” sambungnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini