Komisi II DPRD Kota Ternate Sebut Serapan DID di 6 OPD sudah 100 Persen

Editor: BrindoNews.com author photo

Mubin A. Wahid.

Kekhawatiran akan realisasi Dana Insentif Daerah atau DID Rp14 Milyar oleh DPRD Kota Ternate terjawab sudah. Mubin A. Wahid menyebut, dana pemulihan ekonomi bagi warga terdampak Covid-19 yang bersumber dari Pemerintah Indonesia itu serapannya sudah 100 persen.

Ketua Komisi II DPRD Kota Ternate ini mengatakan, gelontoran dana Rp14 Milyar di enam organisasi perangkat daerah atau OPD di lingkup Pemerintah Kota Ternate itu besarannya beda-beda.

“Misalnya dinas ketahanan pangan dan dinas perikanan dan kelautan. Dinas ketahanan pangan senilai Rp14 juta yang peruntukkannya pemberdayaan, termasuk pengadaan pangan lestari seperti sayur-sayuran. Kemudian pemenuhan ketersediaan pangan di tiga kelurahan yaitu Dufa-Dufa, Sasa dan Rua,” ucap Mubin, usai kunjungan kerja di Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate, Kamis, 18 Februari.

Sedangkan untuk Dinas Kelautan dan Perikanan, sambung Mubin, besarannya kurang lebih Rp2,2 Milyar. Pemanfataan pembiayaan ini diperuntukkan dalam dua bidang, yaitu penangkapan dan pengolahan.

Bidang penangkapan meliputi pengadaan alat tangkap ikan tuna, mesin, dan tempat cetak es batu balok. Di bidang pengolahan mencakup penyediaan coolbox, kendaraan roda tiga, alat kemasan dan kebutuhan pengolahan lainnya.

“Pemanfaatan DID di enam OPD sudah selesai 100 persen dan tidak ada masalah. Kendati begitu, masih ada pengawasan berkelanjutan hingga sampai satu tahun berjalan untuk memastikannya itu semua sudah selesai,” sebutnya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini