Jadwal Pelantikan Ubaid - Anjas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Halmahera Timur

Editor: BrindoNews.com author photo

Hi. Ubaid - Anjas Taher, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Timur terpilih.

Hi. Ubaib Yakub dan Anjas Taher akhirnya bernafas legah. Ini setelah lawan politik mereka pulang dengan “tunduk kepala” setelah Mahkama Konstitusi memutuskan menolak permohonan hasil pilkada Halmahera Timur.

Pasangan dengan nama akronim Ubaid - Anjas ini meraup suara 24.613 dari total surat suara yang digunakan 49.508.  Perolehan ini membuat keduanya ditetapkan sebagai pemenang atau pasangan bupati dan wakil bupati terpilih sesuai hasil pleno KPU Kabupaten Halmahera Timur. Sementara pesaing mereka Hi. Thaib Jalaludin - Noverius A. Bulango dan Moh. Abdu Nazar - Azis Ajarat masing-masing memperoleh 13.979 suara dan 10.916 suara.

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Halmahera Timur Zulkifli mengatakan, Ubaid - Anjas rencananya dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Timur pekan depan. Jadwal pelantikan mengacu surat edaran dari Direktorat otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

“Pelantikan kepala daerah terpilih akan dilaksanakan serempak pada 26 februari,” ucap Zulkifli ketika disembangi brindonews, Jumat 19 Februari.

Dokumen penetapan Bupati dan Wakil Bupati Ubaid - Anjas sudah rampung. Selanjutnya tinggal ditindaklanjuti ke Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba kemudian diusulkan ke kementerian dalam negeri.

Dokumen yang dimaksud, lanjut Zulkifli, berupa berita acara, surat keputusan dari KPU Halmahera Timur dan berita acara sidang paripurna DPRD.

“Nanti surat keputusannya selanjutnya dikeluarkan oleh Direktorat otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri. Pelantikan dilaksanakan virtual sesuai arahan kemendagri yang rencananya dipusatkan di Aula Kantor Bupati Halmahera Timur. Arahan ini sudah disampaikan ke Pj. Sekertaris Daerah Dheni Tjan, baik teknis maupun administrasi sembari menunggu instruksi Gubernur Maluku Utara,” sebutnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini