Hari Sampah Nasional, DLH Malut Gelar Gerakan Pungut Sampah

Editor: BrindoNews.com author photo
Memperingati Hari Peduli Sampah Sampah Nasioal

TERNATE, BRN – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 Februari diperingati dengan berbagai cara.

Di Maluku Utara, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Malut bersama TNI, relawan peduli lingkungan dan Taman nasional Aketajawe Lolobata menggelar kampanye sadar sampah yang dipusatkan di Kota Sofifi, Maluku Utara.

Tema kegiatan HPSN Tahun 2021 yang digagas DLH kali ini adalah “ Sampah Bahan Baku Ekonomi Di Masa Pandemic ”.

Menurut Kepala DLH Malut, Fachruddin Tukuboya kepada wartawan, Minggu (21/02/2021) mengatakan untuk memperingati HPSN tahun ini, DLH bersama relawan peduli lingkungan dan pihak TNI menggelar bersih-bersih sampah di pantai wisata Baromodoe, Kec. Oba Utara Kota Tidore Kepualaun.

“ Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan terutama dilokasi wisata pantai Baromodae ini, “ Ujarnya.

Selain membersihkan sampah lanjut Fachruddin, DLH bersama relawan peduli lingkungan juga mengumpulkan sampah yang bisa dimanfaatkan dan diolah kembali sehingga bernilai ekonomis.

“ Sampah yang dimanfaatkan dan diolah sehingga bisa bernilai ekonomis seperti sampah plastik dari bekas minumanan dan bungkus makanan. Dari jenis sampah seperti ini bisa dijadikan biji plastik dan bahan bakar pengganti minyak tanah, “ Pungkasnya.

Sementara Hery Wibowo, Kepala Taman Nasional Aketejawe Lolobata yang ikut hadir dalam kegiatan ini memberikan apresiasi kepada DLH bersama masyarakat yang ikut dalam kegiatan tersebut.

“ DLH juga telah memberikan tempat sampah kepada masyarakat sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik, dan memilah sampah sejak dari rumah, “ Tutup Hery


Share:
Komentar

Berita Terkini