Gubernur Ubah Jadwal Pelantikan Empat Kada Pemenang Pilkada 2020

Editor: BrindoNews.com author photo

Hi. Ubaid Yakub dan Anjas Taher, satu dari empat kepala daerah terpilih yang akan dilantik pada Jumat, 26 Februari 2021 di Sofifi. Keduanya ditetapkan sebagai pemenang pilkada Halmahera Timur sesuai pleno penetapan oleh KPU. Pasangan dengan nama akronim Ubaid-Anjas ini menang tebal dengan 24.613 suara atau unggul 10.634 suara dari pasangan nomor urut 1, Thaib Djalaluddin dan Noverius Bulango dan 14.417 suara dari pasangan nomor urut 3, Moh. Abdu Nasar dan Aziz Ajarat. 

Pelaksanaan pelantikan daring kepala daerah (kada) terpilih di empat kabupaten kota batal dilakukan. Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba meminta pengambilan sumpah jabatan para pemenang Pilkada 2020 itu dilakukan di Sofifi.

Kabar pelantikan di Sofifi itu dibenarkan oleh Yusuf Talib, Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Pemerintah Halmahera Timur. Yusuf mengatakan, perubahan jadwal tersebut sesuai hasil rapat bersama Abdul Gani Kasuba dengan panitia pelantikan empat kepala daerah, masing-masing Halmahera Timur, Pulau Taliabu, Halmagera Barat dan Kota Tidore.

“Semulanya dijadwalkan di masing-masing daerah. Menurut pak gubernur, alasan perubahan (jadwal pelantikan) ini karena jaringan di Maluku Utara belum stabil, itu sebabnya digeser ke provinsi,” begitu kata Yusuf dikonfirmasi brindonews, Selasa, 23 Februari.

Kendati jadwal mengalami perubahan, lanjut Yusuf, Pemerintah Provinsi Maluku Utara masih berkordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri RI. Yusuf bilang, pelantikan akan dilakukan Sofifi kalau dalam koordinasi tersebut disetujui Kementerian Dalam Negeri RI.

“Tanggal pelantikannya tetap, tidak berubah. Tempatnya saja yang digeser di Sofifi,” ucapnya. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini