Gempa Tektonik 5,2 SR Kembali Guncang Halmahera Selatan

Editor: BrindoNews.com author photo

Ilustrasi hasil seisme yang mencatat kekuatan gempa bumi.

Gempa tektonik 5,2 skala richer kembali terjadi di wilayah Kota Labuha, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, pergerakan kerak bumi tersebut terjadi pada Jumat malam, 26 Februari 2021, sekitar pukul 20.02 WIT.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, lokasi gempa berada di 0,54 LU, 127,51 bujur timur atau 11 kilometer timur laut dari Kota Labuha. Titik gempa berada tepat di Pulau Bacan dari kedalaman 10 kilometer.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun atau normal fault. Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Labuha IV MMI,” ucapnya, Jumat malam.

Hasil monitoring BMKG menyebutkan belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock. Kendati begitu, Bambang mengimbau kepada masyarakat tetap tenang dan menghindari bangunan yang beresiko reatk akibat gempa.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke rumah,” imbau Bambang. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini