Geburnur Maluku Utara Dijadwalkan Pimpin Pelantikan 4 Kada Terpilih

Editor: BrindoNews.com author photo

Abdul Gani Kasuba, Gubernur Provinsi Maluku Utara.

Menteri Dalam Negeri RI M. Tito Karnavian menyetujuan usulan pelaksanaan pelantikan kepala daerah terpilih dilakukan secara tatap muka. Persetujuan ini disepakti dalam rapat virtual bersama 34 pemerintah provinsi yang dijadwalkan melantik kepala daerah pada Jumat 26 Februari 2021.

Staf Ahli Gubernur Maluku Utara Bidang Politik Hukum dan Pemerintah, Idham Umasangaji mengemukakan, pertemuan daring yang diikuti 34 provinsi, termasuk Maluku Utara itu membahas mekanisme pelantikan kepala daerah terpilih. Hasilnya Maluku Utara dan beberapa provinsi lainnya disepakati oleh Kementerian Dalam Negeri RI untuk melaksanakan pelantikan secara langsung.

“Khusus di Maluku Utara, pelantikan dilaksanakan di Sofifi. Pelantikan akan dilakukan oleh pak gubernur dan disaksikan secara virtual oleh Pak Tito Karnavian di Jakarta,” kata Idham, Rabu pagi, 24 Februari.

Idham menyatakan pelantikan empat kepala daerah terpilih yang dilantik pada tahap pertama ini tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona. Hanya kepala daerah dan wakil kepala daerah dan istri masing-masing diperbolehkan masuk mengikuti proses pengambilan sumpah.

“Yang masuk ke dalam ruangan dibatasi maksimal 40 orang. Waktu pelantikan pada Jumat 26 Februari, pukul 15.00 WIT di Aula Kantor Gubernur Maluku Utara di Sofifi. Prosesi pelantikan akan disiarkan virtual di empat daerah yang kepala daerahnya akan dilantik, juga link yang akan dibagikan ke masyarakat,” ucapnya.

“Rapat virtual antara Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri bersama 34 pemerintah provinsi penyelenggara pelantikan, hampir semua daerah menyampaikan terkendala jaringan, apalagi daerah di Indonesia bagian timur. Kurangnya ketersediaan jaringan yang memadai ini kemudian kemendagri memberikan kesempatan untuk melakukan pelantikan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” kata Pelaksanan Tugas Harian Karo Pemerintahan, Taufiqurahman Maradjabessy.

Taufiq mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku Utara sudah menyurat ke kepala derah dan wakil kepala daerah yang akan dilantik agar secepatnya menuju Sofifi.

“Karena harus digladi lagi. Dan rencananya Kamis nanti ada gladi, karena itu penting kiranya kalau kesini (Sofifi) lebih awal,” sebutnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini