Dinas Pendidikan Halmahera Timur Sepakat Tiadakan Ujian Sekolah

Editor: BrindoNews.com author photo

Beni Sutarman.

Dinas Pendidikan Halmahera Timur memutuskan untuk menghilangkan ujian sekolah bagi sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Peniadaan ujian tersebut sesuai surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor: 01 tahun 2021 tentang peniadaan ujian sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Halmahera Timur, Beni Sutarman menyatakan, peniadaan ujian tersebut berlaku bagi paket A maupun paket B. Peserta didik akan dinyatakan lulus jika syarat kelulusannya terpenuhi.

Beni menyebut syarat kelulusan bukan hanya dilihat kognitif atau kemampuan dalam proses belajar mengajar yang dibuktikan dengan nilai raport setiap semester saja, melainkan perilaku siswa juga penentu standar kelulusan.

“Ini tentu berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya. Siswa wajib mengikuti belajar mengajar, karena tugas maupun protofolio juga masuk standar kelulusan. Ini (peniadaan ujian sekolah) karena sudah ada regulasi baru dari pemerintah pusat mengenai pelaksanaan ujian sekolah yang dihilangkan,” ucap Beni ketika disembangi brindonews.com di ruang kerjanya, Senin, 22 Februari. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini