Cegah Korupsi, Inspektorat Malut Bakal Luncurkan Tiga Aplikasi

Editor: BrindoNews.com author photo

Kepala Inspektorat Maluku Utara : Nirwan M. T Ali

SOFIFI, BRN – Untuk menekan angka praktik korupsi di pemerintahan Provinsi Maluku Utara, Inspektorat Malut bakal luncurkan tiga Aplikasi untuk mencegah Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Malut.

Tiga Aplikasi yang bakal diluncurkan inspektorat Malut yakni Sistim Manajemen Pengawasan Internal Inspektorat (Simwaster), Sistem Informasi Pengelolaan Data Inspektorat (Sipadat) serta aplikasi Sistem Informasi Manajemen Surat Masuk Surat Keluar (Simasuk).

Kepala Inspektorat Maluku Utara, Nirwan M. T Ali, kepada wartawan, Kamis (18/02/2021) mengatakan, tiga aplikasi yang bakal diluncurkan ini dalam rangka mewujudkan birokrasi yang berintegritas, akuntabel, efisien dan bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

“ Tiga aplikasi ini saya sudah sampaikan ke (BPKP) pada saat rapat kordinasi tentang memaksimalkan pengawasan untuk mencegah terjadinya KKN di Pemerintah Provinsi Maluku Utara, “ Ujar Nirwan.

Selain tiga aplikasi ini Kata Nirwan, pihaknya juga bakal melaksanakan dua program lainnya yakni, klinik konsultasi Inspektorat dan Inspektorat Berbenah.

“ Program ini dengan tujuan memperbaiki tata kelola pemerintahan yang selama ini masih menjadi perbincangan masyarakat terhadap sistem pengelolaan, “ Pungkas Nirwan

Lanjut Nirwan, Sudah saatnya Inspektorat Maluku Utara mendorong manajemen integritas yang lebih baik. Sebab integritas sangat penting untuk mencapai birokrasi yang bersih, melayani dan akuntabel. Ia bilang yang terpenting tidak hanya peluncuran tiga aplikasi ini, tetapi implementasinya.  

Inspektorat juga akan memaksimalkan hubungan kerjasama dengan Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), Aparat Penegak Hukum (APH), BPKP, dan BPK. 

“ Mudah mudahan program yang digagas inspektorat Malut bisa dilaksanakan dengan baik. Mulai dari rencana peluncuran aplikasi untuk mencegah KKN dan bahkan program lainnya, “ Tutup Nirwan. (Red)



Share:
Komentar

Berita Terkini