Bandara Pitu Morotai Diusulkan jadi Bandara Transit Kawasan Pasifik

Editor: BrindoNews.com author photo

BANDAR UDARA PITU MOROTAI.

Pemerintah Provinsi MalukuUtara mengusulkan Bandara Pitu dijadikan sebagai bandara transit kawasan pasifik. Pengusulan bandara yang berlokasi di Pulau Morotai itu untuk mendukung program pariwisata di Kepulauan Morotai.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara, Armin Zakaria menjelaskan, maksud pengusulan Bandara Pitu menjadi bandara transit itu salah satunya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Apalagi, Morotai sangat terkenal dengan pariwisatanya.

“Kalau kita lihat data statistik, wisatawan yang berkunjung ke sana (Morotai) sangat sedikit. Salah satu faktor penyebabnya adalah transportasi menuju ke sana,” kata Armin, Senin 8 Februari.

Armin meyakini tingkat kunjungan wisata di Morotai akan meningkat jika Bandara Pitu dijadikan sebagai bandara transit. Siapun bepergian misalnya China, Jepang, Filipina, Korea maupun Asia Selatan akan transit di Morotai sebelum melanjutkan penerbangan.

“Misalnya wisatawan mancanegara yang mau ke Bali, Raja Ampat, ataupun ke Morotai harus transit di Jakarta. Padahal, negara-negara tersebut (China, Jepang, Filipina, Korea) lebih dekat dengan Morotai. Apabila Morotai sudah punya bandara transit, maka dengan sendirinya akan mendatangkan wisatawan, dengan begitu geliat ekonomi bisa berkembang,” ucapnya.

“Dari sisi kelayakan Bandara Pitu sudah dikatakan layak. Hanya saja sarana infrastruktur penunjang bandara transit, harus dilengkapi. Kami upayakan buat kajian penyiapan kebutuhan menuju bandara transit dengan melibatkan perguruan tinggi. Setelah dilakukan kajian, hasilnya akan disampaikan ke kementerian perhubungan barulah kementerian menilai dan akan menentukan rute-rute mana saja. Namun sebelum itu terpenuhi ,kita harus siapkan juga infrastruktur seperti BBM dan sebagainya,” tambahnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini