Tahun 2021 Dukcapil Haltim Target Buka Pelayanan di Dua Kecamatan

Editor: BrindoNews.com author photo

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Haltim


HALTIM,BRN
- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) melakukan terobosan baru untuk memaksimalkan sistem pelayanan di tingkat Kecamatan. Tujuanya dapat melayani masyarakat di dua Kecamatan dalam pembuatan KTP dan lainya. 

" Sistem pelayanan pembuatan KTP dan lainya akan di fokuskan di Kecamatan Wasilei Utara dan Maba utara" Ungkap Kepala Dukcapil Hal tim Irwan Mahmud kepada wartawan di ruang kerjanya Rabu (20/1/2021) 

Menurutnya, di tahun 2021 ini, alasan dua Kecamtan  tersebut, karena jangkauan masyarakt lebih dekat dibandingkan ke kantor Dukcapil yang akses kantornya cukup jauh. "Wasilei Utara atau Maba Utara rencananya akan kita buka pelayanan terhadap masyarakat, mengingat karena akses untuk ke Kantor Dukcapil yang ada di Maba kota sangat jauh,"

Dirinya mengaku, pelayanan masyarakat di dua wilayah tersebut, sejauh ini belum maksimal dan itu butuh terobosan baru Dukcapil Haltim untuk membukan pelayanan di dua kecamata tersebut pada tahun 2021 ini.

Kata dia, meski begiti, dua Kecamatan tersebut harus memiliki jaringan yang bagus, sehingga disaat pelayanan tidak ada kendala. " Kami akan cek akses jaringan yang bisa terkoneksi dengan perangkat yang disediann, sehingga pelayanan bisa dilakukan. 

" Kami akan cek dulu koneksi jaringanya kuat atau tidak, sehingga sistem pelayanan dapat berjalan lancar".

Lebih lanjut Irawan, menambahkan selama ini Dukcapi Haltim sudah melakukan pelayanan masyarakat di seluruh Kecamatan yang tersebar di Halmahera Timur. "Kita setiap tahunya turun langsung ke lapangan untuk melakukan pelayanan perekaman E-KTP dan lain sebagainya," ujarnya.

Ditanya terkit kendala pelayan Dukcapil sendiri selama tahun 2020, Irwan meyatakan Dukcapil Haltim mempunya kendala soal jaringan. Karena baginya, jaringan itu di kendalikan semuanya di Jakarta. Sedangkan Dukcapil Haltim hanyalah penguna, untuk diluar itu alhamdulilah sejauh ini aman-aman.

"Kendala jaringan juga tidak berhari-hari, palingan cuma hitungan jam atau paling lama itu selama satu hari, itu yang kita dapatkan selama pelayanan. Kemudian blangko pembuatan KTP selama tahun 2020 selalu tersedia. Sementara dokuman-dokumen yang lain juga tersedia," tutupnya. (Akmal/red) 

Share:
Komentar

Berita Terkini