Lebih dari 38 Ribu Jiwa di Maluku Utara Belum Rekam KTP-el

Editor: BrindoNews.com author photo

Petugas melayani warga yang melakukan perekaman KTP-el. (Dok.TEMPO.CO)

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Maluku Utara mencatat realisasi perekaman KTP Elektronik berlum mencapai target. Burhan Mansur mengatakan, realisasi perekaman KTP Elektronik sepanjang 2020 baru mencapai 871.251 jiwa atau setara 95,73 persen dari target wajib KTP-el 910.075 jiwa.

“Itu artinya masih ada 38.824 jiwa atau 4,27 persen lagi. Target kami di 2021 ini menyelesaikan tunggakan pelayanan perekaman KTP-el. Agar ini tidak terkendala, kami akan mensosialisasikan tentang pelayanan perekaman KTP-el di sepuluh kabupaten kota,” kata Mansur, Jumat, 22 Januari 2021.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Maluku Utara itu mengemukakan, penyebab 4,27 persen yang belum melakukan perekaman tersebut dikarenakan persoalan teknis.

“Sebab Maluku Utara berbeda dengan provinsi lainnya, misalnya Kalimantan dan Jawa. Kondisi ini justru mempersulit proses pembuatan KTP-el akibat akses yang harus di jangkau ini menggunakan jalur udara maupun laut. Maka dari itu sedikit terhambat soal pelayanan,” sebutnya. (red)

Share:
Komentar

Berita Terkini