Dewan Minta Gubernur Maluku Utara Evaluasi Kepala OPD

Editor: brindonews.com

Kuntu Daud.

Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara, Kuntu Daud mengemukakan akan mengusulkan beberapa kepala organisasi perangkat daerah yang mangkir dalam rapat paripurna untuk di evaluasi. Usulan evaluasi itu akan diberikan ke Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba.

“Paripurna mereka tidak pernah hadir, bahkan undangan rapat pun tidak datang. DPRD menagih janji pak gubernur yang berjanji kalau selama tiga kali kepala OPD ini tidak hadir maka di evaluasi,” kata Kuntu, Kamis 14 Januari 2021.

Politisi PDIP itu mengatakan, kepala organisasi perangkat daerah atau OPD semacam ini perlu di evaluasi. Evaluasi dianggap salah satu solusi  guna penyegaran sistem pemerintahan.

“Anggota dewan, bahkan ketua komisi pun sudah mengeluh karena tidak pernah hadir,” ucapnya.

Gubernur memiliki hak prerogatif terhadap bawahannya, termasuk menentukan dan menempatkan posisi kepala OPD. Kuntu menyarakan agar Abdul Gani Kasuba bersikap nertal dan menempatkan orang sesuai basic keilmuan intansi yang nantinya dipimpin.

“Kita ketahui selama ini hanya orang-orang dekat gubernur. Yang diangkat bukan berdasarkan keahlian yang dimiliki. Gubernur harus selektif supaya pemerintahan juga berjalan dengan bagus maksimal. Apalagi dalam waktu ada rolling jabatan di Dinas Kelautan dan Perikakan Maluku Utara, saya sarankan gubernur harus mencari orang yang punya keahlian di bidang perikanan.”.

“Bila perlu ada konsultasi antara gubernur dan wakil gubernur. Tujuannya siapa pun yang akan di pilih sebagai kepala OPD, semuanya berjalan harmonis, agar tidak terjadi seperti peristiwa kemarin (wakil gubernur marah karena pelantikan tidak dilibatkan), itu tidak bagus,” saran Kuntu. (han/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini