40 Orang JCH Asal Halmahera Timur Diprediksi Tak Jadi Berangkat

Editor: BrindoNews.com author photo

Dua jamaah calon haji berjalan menuju pesawat. Keduanya tampak membawa koper. (Dok.okezone.com)

Pendaftaran calon jamaah haji musim haji tahun 2021 di Halmahera Timur sudah selesai. Kementerian Agama Halmahera Timur mencatat ada  60 orang calon jamaah haji yang nantinya diberangkatkan tahun ini.

Dari jumlah tersebut terdapat 40 jamaah calon haji atau JCH usianya sudah lansia dan 4 orang lainnya meninggal dunia. Empat orang yang dinyatakan meninggal itu baru 3 orang yang berkasnya sudah diganti dengan JCH lainnya .

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Halmahera Timur, Aminudin memprediksi 40 CHJ lansia itu dimungkinkan tidak diberangkatkan dalam kelompok terbang.

Aminudin mengemukakan, prediksi tidak diberangkatkan 40 orang JCH yang usianya diatas 60 tahun itu mengacu pada kriteria kelompok umur. Pertimbangan lainnya yaitu wabah virus corona yang belum melandai dan regulasi baru dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

“Kemenag Halmahera Timur mengacu pada usia yang biasanya diterapkan di calon jamaah umrah itu berkisar antara 18 sampai 50 tahun, sedangkan umur 60 tahun ke atas sudah tidak bisa diberangkatkan. Namun begitu kami masih menunggu regulasi yang pasti dari Kemenag RI,” kata Aminuddin ketika di sembangi di ruang kerjanya, Senin 25 Januari 2021. (mal/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini