Mereka yang Menang dan Kalah di Quick Count Menurut SDI

Editor: brindonews.com

Presentase hasil survei SDI di Pilkada Halmahera Barat.

Hasil hitung cepat atau quick qount Pilkada 2020 telah menunjukkan para calon kepala daerah yang menang dan kalah. Di Halmahera Barat misalnya, James Uang dan Jufri Muhammad mengungguli tiga pasangangan laiinnya yang iktu bertarung.

James Uang-Jufri Muhammad memperoleh suara 33,30 persen. Hasil sementara ini membuat pasangan dengan nama akronim JUJUR ini bertengker di posisi pertama. Sementara Danny Missy dan Irman Lolory 32,22 persen, Ahmad Zakir Mando dan Alpinus Kleaopas Pay 19,88 persen, serta Denny Palar dan Iksan Husain 14,60 persen.

Presentasi perolehan suara empat pasangan calon Pilkada Halmahera Barat ini berdasarkan hitung cepat lembaga survei Sinergi Data Indonesia atau SDI. Metode survei quick count  menggunakan metode multistage random dengan sampel 46.598 dari total 78,721 pemilih.

Peniliti SDI Abdullah Karasipena menyebutkan 46.598 sampel itu terdiri 181 dari total 305 TPS. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan profesional di setiap kecamatan.

“Data sampel yang masuk sudah 99.45 persen dengan sampling error lebih kuran  1 persen. Perhitungan sementara ini sesuai distribusi suara di setiap kecamatan di Halmahera Barat,” kata Abdullah dalam jumpa pers tadi malam di Sahid Bella Hotel Ternate, Rabu, 9 Desember.

Abdullah mengakui sebelumnya melukakan survei tentang perubahan dukungan kepada empat calon. Suvei sejak 3 sampai 8 November 2020 itu kemudian dibandingkan dengan hasil quick count per 9 Desember 2020.

Hasilnya, sambung Abdullah, ada tren kenaikan persentasi dukungan masing-masing pasangan calon. Di lain sisi, ada juga yang menurun. “Hasil survei kami juga temukan ada peningkatan partisipasi pemilih ( voter’s turn out)  sebesar 85.33 persen,” katanya. (ham/red)

Share:
Komentar

Berita Terkini