IKA PGAN Maluku Utara Gelar Temu Alumni di Halmahera Tengah

Editor: brindonews.com

Bupati Edi Langkara menandatangani peluncuran buku Khutbah Jumat dalam acara temu alumni PGAN Maluku Utara di Halmahera Tengah.

TERNATE, BRN - Ikatan Alumni Pendidikan Guru Agama Negeri atau IKA PGAN Maluku Utara mengadakan acara temu alumni. Reuni sesama guru Agama itu merupakan kali kedua.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara Sarbin Sehe menyebutkan, reuni kedua yang dipusatkan di Aula Kantor Bupati Halmahera Tengah  itu merupakan acara rutin setiap tahun.

“Tahun kemarin (2019) dilaksanakan di Ternate,” ucap Sarbin saat memberikan sambutan dalam acara tatap muka tersebut, Minggu 27 Desember 2020.

Sarbin mengharapkan agenda temu alumni ini tidak hanya menjadi serimoni saja, melainkan setiap guru agama ikut ambil peran dalam mendorong Pendidikan Agama Islam, termasuk perilaku beragama tanpa kekerasan terutama gar menerapkan Islam sebagai rahmatan lil alamin dalam kehidupan sehari-hari.

Kasman Hi. Ahmad menyentil sejarah singkat IKA PGAN Maluku Utara. Ketua Umum IKA PGAN Maluku Utara ini mengemukakan, IKA PGAN Maluku Utara dibentuk selain sebagai komitmen menjalin silaturahim sesama alumni, juga diharapkan menjadi sebuah ikatan yang mampu mendorong pendidikan dan dakwa para alumni untuk kemajuan masyarakat Maluku Utara.

Bentuk dorongan pendidikan dan dakwa, sambung Kasman, melalui pembobotan pada karya-karya dan pembinaan dalam bentuk buku maupun pelatihan bagi guru, imam masjid, khatib dan badan takmir di seluruh pelosok Maluku Utara.

“Sehingga reuni tahunan diharapkan dukungan, kerjasama dan kolaborasi yang produktif dan berkelanjutan dengan semua pihak,” ucapa mantan Rektor Universitas Muhammadiyah itu.

Edi Langkara mengapresiasi dan berterima kasih kepada IKA PGAN Maluku Utara. Bupati Halmahera Tengah itu bilang, selain memilih Halmahera Tengah sebagai tempat kegiatan, pelatihan kepada imam, khotib dan perangkat masjid lainnya di wilayah Halmahera Tengah menjadi alasan mengapa ia memberikan apresiasi dan terima kasih.

“Ada kurang lebih 300 buku yang kami terima. Buku khutbah Jumat yang di tulis Pak Kasman Hi. Ahmad, Pak Hi. Sahjad M. Aksan M.Fil dan Pak Hajrin Radja ini sebagai ole-oleh atau cendramata ke masjid yang Halmahera Tengah. Juga ada buku Antologi Puisi Melawan Angin karangan Darmawati Sehan,” ujarnya. (*)

Share:
Komentar

Berita Terkini